Pemetaan kompetensi profesional guru teknologi informasi dan komunikasi di SMA negeri se-kota Malang / Arif Nurul Hadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemetaan kompetensi profesional guru teknologi informasi dan komunikasi di SMA negeri se-kota Malang / Arif Nurul Hadi

Hadi, Arif Nurul (2011) Pemetaan kompetensi profesional guru teknologi informasi dan komunikasi di SMA negeri se-kota Malang / Arif Nurul Hadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pemetaan Kompetensi Professional Guru TIK. Kurikulum pendidikan yang diterapkan di Indonesia sejak tahun 2006 hingga saat ini adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Salah satu bidang studi yang ditetapkan dalam KTSP adalah mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Pada kenyataannya saat kebijakan mata pelajaran TIK ini dikeluarkan oleh pemerintah ternyata belum ada kesiapan SDM (dalam hal ini tenaga pengajar/guru) di sekolah-sekolah. Akhirnya siapapun yang bisa belajar materi TIK dan bersedia mengajar mata pelajaran TIK dapat secara otomatis menjadi guru TIK. Pemilihan guru mata pelajaran TIK juga mengabaikan latar belakang pendidikan dan kesesuaian kualifikasi akademik guru. Data dari Direktorat Tenaga Kependidikan Dikdasmen Depdiknas pada tahun 2004 menunjukkan terdapat 927.947 (43 02 %) guru SD SMP dan SMA yang tidak memenuhi kualifikasi pendidikan nasional. Permasalahan pendidikan yang telah diuraikan di atas terjadi di seluruh wilayah Indonesia tak terkecuali kota Malang. Sekalipun di kota Malang jumlah tenaga pendidik secara kuantitatif sudah cukup tetapi mutu dan profesionalisme belum sesuai dengan harapan. Berdasarkan uraian di atas peneliti terdorong untuk melakukan penelitian dengan tujuan mendeskripsikan dan memetakan kompetensi profesional guru TIK di SMA Negeri se-Kota Malang. Variabel dalam penelitian ini adalah kompetensi profesional guru yang dijabarkan menjadi 16 sub variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru TIK di SMA Negeri se-Kota Malang. Karena jumlah populasi penelitian kurang dari 100 maka seluruh guru sebanyak 27 orang yang merupakan populasi penelitian juga dijadikan sebagai sampel penelitian. Pada penelitian ini untuk mengungkap variabel kompetensi profesional guru digunakan tiga macam instrumen penelitian yaitu angket/kuisioner studi wawancara dan check list dokumen. Angket yang digunakan dalam penelitian ini diisi oleh siswa. Studi wawancara dan check list dokumen ditujukan untuk guru. Hasil dari analisis data untuk variabel kompetensi profesional guru dengan 16 sub variabel adalah penguasaan materi standar dikategorikan sangat baik pengelolaan program pembelajaran dikategorikan baik pengelolaan kelas dikategorikan baik penggunaan media dan sumber pembelajaran dikategorikan baik pemahaman dan pelaksanaan pengembangan peserta didik dikategorikan sedang keteladanan dan kepemimpinan dalam pembelajaran dikategorikan baik pemahaman dan pelaksanaan konsep pembelajaran individual dikategorikan sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45572

Actions (login required)

View Item View Item