Pengembangan sumber belajar pembenihan lele dumbo berbasis web untuk pembelajaran jarak jauh / Ulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan sumber belajar pembenihan lele dumbo berbasis web untuk pembelajaran jarak jauh / Ulandari

Ulandari (2011) Pengembangan sumber belajar pembenihan lele dumbo berbasis web untuk pembelajaran jarak jauh / Ulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci sumber belajar pembenihan lele dumbo web pembelajaran jarak jauh Sumber belajar memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk memfasilitasi belajar seseorang. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi membawa dampak yang cukup besar pada bidang pendidikan. Perkembangan teknologi informasi tersebut semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi tersebut dapat dilakukan dengan memanfaatkan salah satu teknologi jaringan belajar maka keberadaan sumber belajar berbasis web banyak digunakan sebagai alternatif sumber belajar untuk pembelajaran jarak jauh. Web merupakan salah satu fasilitas di internet yang memiliki kemampuan untuk menampilkan berbagai jenis data berupa teks gambar video dan data lainnya. Hal inilah yang menjadikan web lebih banyak dipakai sebagai sarana untuk memberikan informasi maupun berkomunikasi oleh berbagai kalangan termasuk kalangan pendidikan. Seiring dengan teknologi yang berkembang saat ini maka peneliti mengembangkan sumber belajar pembenihan lele berbasis web menggunakan software moodle untuk pembelajaran jarak jauh. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Sadiman yang terdiri dari identifikasi kebutuhan analisis tujuan pengembangan materi pengembangan alat evaluasi menyusun naskah produksi petunjuk pemanfaatan uji coba produk revisi dan media siap dimanfaatkan. Sumber belajar yang dihasilkan memiliki beberapa karakteristik antara lai modul berupa teks berbentuk Portable Document Format (PDF) ilustrasi gambar/foto audio-video forum chat. Sumber belajar ini dapat diakses melalui internet dan modul yang ada di dalamnya dapat di-download secara langsung. Pengambilan data validasi sumber belajar dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa angket dilakukan terhadap 3 subjek sebagai berikut ahli media ahli materi dan masyarakat/audiens. Hasil uji coba produk yang dilakukan terhadap 3 subjek sebagai berikut ahli media menyatakan produk ini valid dengan persentase 85% ahli materi menyatakan produk ini valid dengan persentase 97 6% masyarakat Kelurahan Jatirejo menyatakan produk ini valid dengan persentase 91 3% dan masyarakat Kelurahan Kramat menyatakan produk ini valid dengan persentase 90 1%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45571

Actions (login required)

View Item View Item