Perbedaan penerapan strategi pembelajaran inject (Inquiry dan Project based learning) dengan strategi pembelajaran inquiry dan pendampingan LKS (Lembar Kerja Siswa) terhadap peningkatan hasil belajar TIK siswa kelas XI di SMA Negeri 8 Malang / Prayudi Lestantyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan penerapan strategi pembelajaran inject (Inquiry dan Project based learning) dengan strategi pembelajaran inquiry dan pendampingan LKS (Lembar Kerja Siswa) terhadap peningkatan hasil belajar TIK siswa kelas XI di SMA Negeri 8 Malang / Prayudi Lestantyo

Lestantyo, Prayudi (2011) Perbedaan penerapan strategi pembelajaran inject (Inquiry dan Project based learning) dengan strategi pembelajaran inquiry dan pendampingan LKS (Lembar Kerja Siswa) terhadap peningkatan hasil belajar TIK siswa kelas XI di SMA Negeri 8 Malang / Prayudi Lestantyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Strategi Pembelajaran hasil belajar. Untuk menciptakan pendidikan yang baik dan bermutu memerlukan suatu proses yang panjang berkesinambungan dan sistematis ke arah yang lebih baik. Upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas siswa telah dan terus diwujudkan melalui berbagai pembaharuan. Pembaharuan pada proses pendidikan pada umumnya dititikberatkan pada strategi mengajar karena strategi pembelajaran merupakan bagian terintegrasi dalam kegiatan pembelajaran yang perlu dilakukan guru secara berkelanjutan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran INJECT (inquiry dan project based learning) dengan strategi pembelajaran inquiry dan pendampingan LKS pada materi penggunaan e-mail dan aplikasinya terhadap hasil belajar TIK siswa kelas XI SMA Negeri 8 Malang. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan mengambil sampel dua kelas yaitu kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes untuk prates dan pascates lembar observasi afektif dan psikomotorik. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t tidak berpasangan yang diselesaikan dengan bantuan komputer program SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil pengamatan afektif siswa diperoleh bahwa secara umum terjadi peningkatan hasil sikap serta perhatian siswa selama proses pembelajaran dengan strategi pembelajaran INJECT (inquiry dan project based learning). Sedangkan pembelajaran dengan strategi pembelajaran inquiry dan pendampingan LKS lebih berubah dan tidak konsisten. Untuk hasil pengamatan psikomotorik siswa diperoleh bahwa secara umum terjadi peningkatan kompetensi maupun kemampuan praktikum siswa selama proses pembelajaran dengan strategi INJECT (inquiry dan project based learning). Sedangkan pembelajaran dengan strategi pembelajaran inquiry dan pendampingan LKS lebih rendah. Hal ini menunjukkan bahwa penguasaan kompetensi pembelajaran dengan strategi pembelajaran INJECT (inquiry dan project based learning) yang lebih baik. Perbedaan diukur dari gain score (penilaian akhir dikurangkan dengan kemampuan awal). Dari hasil uji-t dua pihak yang dilakukan diperoleh thitung (3 063) lebih besar dari ttabel (1 684) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dari hasil analisis dapat diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran (INJECT) Inquiry dan Project Based Learning dengan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran inquiry dan pendampingan LKS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45567

Actions (login required)

View Item View Item