Efektifitas pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar TIK siswa kelas XI di SMA Negeri 6 Madiun / Danar Widya Nugroho - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektifitas pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar TIK siswa kelas XI di SMA Negeri 6 Madiun / Danar Widya Nugroho

Nugroho, Danar Widya (2011) Efektifitas pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar TIK siswa kelas XI di SMA Negeri 6 Madiun / Danar Widya Nugroho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Efektifitas Model Kooperatif Tipe Jigsaw Hasil Belajar TIK Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw adalah suatu model pembelajaran yang menitik beratkan pembelajaran pada siswa yang dilakukan secara berkelompok dengan kemampuan yang heterogen dan terdiri dari kelompok asal dan kelompok ahli. Dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw siswa diharapkan dapat aktif saling bekerja sama dan bertanggung jawab dalam proses pembelajaran.Data kemampuan awal siswa kelas XI di sekolah tersebut yang diperoleh dari nilai rata-rata ulangan harian mata pelajaran TIK pada kompetensi dasar Menjelaskan Berbagai Perangkat Keras untuk Mengakses Internet menunjukkan nilai rata-rata pada kelas XI IPS1 (70) dan nilai rata-rata kelas XI IPS2 (71 25). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar (ranah kognitif afektif dan psikomotorik) dan perbedaan efektifitas pembelajaran antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan siswa yang diajar menggunakan metode Ceramah Bermakna pada kompetensi dengan Mendeskripsikan Cara Akses Internet . Rancangan penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experimental tipe Nonequivalent Control Group Design Pascatest). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 6 Madiun semester 1 tahun ajaran 2009/2010 sebanyak 183 siswa. Sedangkan sampel penelitian ini adalah kelas XI IPS1 (30 siswa) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS2 (28 siswa) sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitiannya termasuk instrumen pengukuran berupa instrumen soal ujian tulis lembar observasi afektif dan lembar observasi ujian praktikum. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik kuantitatif dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen (83.3) lebih tinggi daripada siswa kelas kontrol (79.8) dan setelah diuji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh hasil thitung (2.603) ttabel (2.000). Sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua kelas memiliki perbedaan rata-rata hasil belajar. Sesuai dengan KKM hasil belajar di kelas eksperimen memiliki ketuntasan belajar secara klasikal lebih tinggi (93%) daripada kelas kontrol (89%). Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw lebih efektif daripada metode pembelajaran Ceramah Bermakna pada kompetensi Mendeskripsikan Cara Akses Internet .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45562

Actions (login required)

View Item View Item