Hubungan intensitas interaksi dengan komputer dan prestasi belajar bidang produktif terhadap rencana pemilihan karier siswa Jurusan TKJ SMK Katolik Blitar / Candra Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan intensitas interaksi dengan komputer dan prestasi belajar bidang produktif terhadap rencana pemilihan karier siswa Jurusan TKJ SMK Katolik Blitar / Candra Kurniawan

Kurniawan, Candra (2011) Hubungan intensitas interaksi dengan komputer dan prestasi belajar bidang produktif terhadap rencana pemilihan karier siswa Jurusan TKJ SMK Katolik Blitar / Candra Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci intensitas interaksi dengan komputer prestasi belajar bidang produktif rencana pemilihan karir. Kegiatan keseharian yang dilakukan oleh siswa jurusan TKJ adalah berinteraksi dengan komputer. Dengan berinteraksi dengan komputer maka siswa akan memperoleh informasi dan pengetahuan serta dapat meningkatkan keterampilannya dalam penggunaan komputer. Hal ini tentunya akan sangat mempengaruhi pemiliham karier siswa yang kemungkinan besar akan memilih pekerjaan atau bidang pendidikan yang lebih tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan tingkat interaksi dengan komputer tingkat prestasi belajar di bidang produktif dan tingkat perencanaan pemilihan karier (2) mencari hubungan antara tingkat interaksi dengan komputer dengan tingkat perencanaan pemilihan karier (3) mencari hubungan antara tingkat prestasi belajar dalam bidang produktif dengan tingkat perencanaan pemilihan karier dan (4) mencari hubungan secara simultan antara tingkat intensitas interaksi dengan komputer dan tingkat prestasi belajar dalam bidang produktif dengan tingkat rencana pemilihan karier Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI jurusan TKJ SMK Katolik Blitar. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling dengan jumlah sampel 59 siswa yang terdiri dari siswa kelas XI Jurusan TKJ. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket instrumen intensitas interaksi dengan komputer rencana pemilihan karier dan dokumentasi nilai bidang produktif. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan korelasi ganda. Hasil penelitian ini ialah (1) siswa kelas XI jurusan TKJ SMK Katolik Blitar memiliki tingkat intensitas interaksi dengan komputer cenderung berada dalam kategori tinggi sebanyak 22 responden (37 29%) tingkat prestasi belajar bidang produktif cenderung berada dalam kategori sedang sebanyak 19 responden (32 20%) dan tingkat rencana pemilihan karier cenderung berada dalam kategori rendah sebanyak 21 responden (35 59%) (2) hasil korelasi antara intensitas interaksi dengan komputer dengan rencana pemilihan karier sebesar 0 691 dan sig. 0 000 0.05 berarti ada hubungan signifikan antara interaksi dengan komputer dengan rencana pemilihan karier siswa (3) hasil korelasi antara prestasi belajar bidang produktif dengan rencana pemilihan karier sebesar 0 693 dan sig. 0 000 0.05 berarti ada hubungan signifikan antara prestasi belajar bidang produktif dengan rencana pemilihan karier siswa dan (4) hasil korelasi antara intensitas interaksi dengan komputer dan prestasi belajar bidang produktif dengan rencana pemilihan karier sebesar 0 717 dan sig. 0 000 0.05 berarti ada hubungan secara simultan signifikan antara intensitas interaksi dengan komputer dan prestasi belajar bidang produktif dengan rencana pemilihan karier siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45558

Actions (login required)

View Item View Item