Perbedaan pembelajaran berbasis proyek dengan pembelajaran langsung terhadap hasil belajar desain grafis pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Malang / Aslafi Abdi

Abdi, Aslafi (2010) Perbedaan pembelajaran berbasis proyek dengan pembelajaran langsung terhadap hasil belajar desain grafis pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Malang / Aslafi Abdi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci : Pembelajaran berbasis proyek, hasil belajar, desain grafis Model pembelajaran berbasis proyek merupakan sarana yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran desain grafis seperti yang diamanahkan oleh kurikulum. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Malang pada materi desain grafis karena dengan menggunakan model PBP siswa dihadapkan langsung dengan permasalahan dan mencoba mendapatkan penyelesaiannya dengan berbekal proses informasi dan pengalaman yang diperoleh atau dimiliki masingmasing individu, sehingga dengan diterapkannya model ini dapat meningkatkan hasil belajar desain grafis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental yang menggunakan rancangan eksperimen semu (quasi exsperiment). Sampel yang digunakan adalah dua kelas yaitu XI IPA1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPS2 sebagai kelompok kontrol, kelompok eksperimen adalah kelompok yang diajar dengan menggunakan model PBP sedangkan kelas kontrol adalah kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen perlakuan yaitu RPP, silabus, handout, kisikisi soal, kunci jawaban dan lembar penilaian hasil karya dan tes akhir. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik kuantitatif dengan bantuan SPSS. Analisis stasistik kuantitatif digunakan untuk menganalisis data kemampuan awal siswa dan hasil belajar siswa yang terdiri dari uji normalitas digunakan untuk mengetahui apakah keadaan awal kedua sampel kelas tersebut berdistribusi normal, uji homogenitas digunakan untuk mengetahui apakah keadaan awal kedua sampel kelas tersebut homogen, dan uji hipotesis digunakan untuk mengetahui kesamaan nilai ratarata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian ratarata nilai hasil belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 78,37 dan pada kelas kontrol adalah 64,58, nilai ratarata dari masingmasing kelas diuji hipotesis dengan menggunakan Ujit, dari Ujit diperoleh hasil yaitu thitung. 6,411> ttabel 1,992. kesimpulan dari hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan ratarata nilai hasil belajar siswa yang diajar menggunakan PBP dan yang diajar dengan model pembelajaran langsung, PBP memberikan pengaruh yang positif terhadap kelas XI IPA1, dengan penerapan model PBP siswa menjadi aktif dalam kegiatan pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45555

Actions (login required)

View Item View Item