Pengaruh metode pembelajaran teams games tournament terhadap hasil belajar teknologi informasi dan komunikasi pada materi fungsi logika IF kelas XI SMA Negeri 1 Ngoro Mojokerto / Khoirul Anam - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode pembelajaran teams games tournament terhadap hasil belajar teknologi informasi dan komunikasi pada materi fungsi logika IF kelas XI SMA Negeri 1 Ngoro Mojokerto / Khoirul Anam

Anam, Khoirul (2010) Pengaruh metode pembelajaran teams games tournament terhadap hasil belajar teknologi informasi dan komunikasi pada materi fungsi logika IF kelas XI SMA Negeri 1 Ngoro Mojokerto / Khoirul Anam. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anam Khoirul. 2010. Pengaruh Metode Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Teknologi dan Komunikasi pada Materi Fungsi Logika IF Kelas XI SMA Negeri I Ngoro Skripsi Prodi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ir. H. Syaat Patmanthara M.Pd. (II) Drs. Wahyu Sakti G.I. M.Kom. Kata kunci TGT hasil belajar dan eksperimen Pendidikan merupakan bagian penting untuk menciptakan suatu bangsa yang berkualitas. Untuk itu pemerintah selalu berupaya meningkatkan dan memperbarui kualitas pendidikan melalui penyempurnaan kurikulum. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) merupakan kurikulum operasional yang disusun dikembangkan dan dilaksanakan oleh setiap satuan pendidikan yang sudah siap dan mampu mengembangkannya. SMA Negeri I Ngoro Mojokerto adalah sekolah yang menerapkan KTSP . Selama ini guru belum pernah melakukan pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) guru masih menerapkan metode pembelajaran konvensional. Hasil belajar yang selama ini didapat masih dibawah nilai rata-rata standar minimum yang ditentukan karena dalam proses pembelajaran hanya didominasi oleh beberapa siswa saja dan siswa yang lain mengandalkan temanya saat mengerjakan tugas dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dari kelompok siswa yang diterapkan pembelajaran metode TGT pada siswa kelas XI di SMA Negeri I Ngoro Mojokerto mengetahui hasil belajar dari kelompok siswa yang diterapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI di SMA Negeri I Ngoro Mojekorto dan mengetahui pengaruh hasil belajar TIK kelompok siswa yang diterapkan metode pembelajaran TGT pada siswa kelas XI di SMA Negeri I Ngoro Mojokerto. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen yang menggunakan rancangan eksperimen semu (quasi experiment). Rancangan penelitian yang digunakana melibatkan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pada kedua kelompok diawali dengan pre test setelah itu diberi perlakuan penerapan metode pembelajaran TGT pada kelompok eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Setelah itu dilakukan post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kelompok eksperimen lebih baik dari pada kelompok kontrol. Dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran TGT dapat mempengaruhi hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Metode pembelajaran TGT dapat digunakan untuk mengajar pada mata pelajaran Corel Draw dan Algoritma

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45546

Actions (login required)

View Item View Item