Penerapan model quantum teaching dalam meningkatkan prestasi siswa kelas X bidang keahlian teknik komputer dan jaringan di SMKN 1 Purwosari / Faizatul Amalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model quantum teaching dalam meningkatkan prestasi siswa kelas X bidang keahlian teknik komputer dan jaringan di SMKN 1 Purwosari / Faizatul Amalia

Amalia, Faizatul (2010) Penerapan model quantum teaching dalam meningkatkan prestasi siswa kelas X bidang keahlian teknik komputer dan jaringan di SMKN 1 Purwosari / Faizatul Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Amalia Faizatul. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Kelas X Bidang Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMKN 1 Purwosari. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ir. Syaad Patmanthara M.Pd. (II) Drs. Tri Atmadji Sutikno M.Pd. Kata Kunci PTK model pembelajaran quantum teaching prestasi belajar Kurangnya partisipasi dari siswa menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa (Winkel 1984). Menurut Walberg untuk mengatasi masalah tersebut dapat dilakukan dengan penggunaan model pembelajaran yang lebih efektif. Salah satu model pembelajaran efektif adalah quantum teaching. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan (1) Langkah-langkah dalam menerapkan model pembelajaran quantum teaching (2) Peningkatan prestasi siswa setelah diterapkan model pembelajaran quantum teaching. Rancangan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Purwosari Kabupaten Pasuruan dalam kurun waktu Januari sampai dengan Maret 2010. Analisis data menggunakan analisis keberhasilan tindakan dan ketuntasan belajar untuk mengungkap besarnya persentase keberhasilan tindakan dan prestasi belajar. Hasil penelitian ini meliputi (1) Pada tindakan siklus I (a) Aspek kognitif adalah sebesar 41 7% (b) Ranah afektif dengan persentase 77 77% (aspek keaktifan adalah sebesar 58 3% aspek keantusiasan adalah sebesar 75% aspek keceriaan adalah sebesar 100%) (c) Ranah psikomotor dengan persentase 65 63% (aspek kreativitas adalah 75% aspek proses adalah 56 25%) (d) Rata-rata keberhasilan tindakan ditinjau dari aspek siswa pada siklus I yaitu 76 9% dan (e) Rata-rata keberhasilan tindakan ditinjau dari aspek guru pada siklus I yaitu 80 8% (2) Pada tindakan siklus II (a) Aspek kognitif adalah sebesar 81 8% (b) Ranah afektif dengan persentase 80 57% (aspek keaktifan adalah sebesar 75% aspek keantusiasan adalah sebesar 66 7% aspek keceriaan adalah sebesar 100%) (c) Ranah psikomotor dengan persentase 78 1% (aspek kreativitas adalah 75% aspek proses adalah 81 25%) (d) Rata-rata keberhasilan tindakan ditinjau dari aspek siswa pada siklus II yaitu 84 6% dan (e) Rata-rata keberhasilan tindakan ditinjau dari aspek guru pada siklus II yaitu 80 8% Kesimpulan penelitian ini adalah mengungkap (1) Langkah-langkah menerapkan model pembelajaran quantum teaching dengan kerangka rancangan TANDUR adalah (a) Tahap tumbuhkan dilakukan dengan pemberian pertanyaan yang berhubungan dengan konsep atau permainan crossword (b) Tahap alami dilakukan dengan memberikan suatu pertanyaan atau mempraktikkan pengetahuan mereka (c) Tahap namai dilakukan dengan penyampaian materi menggunakan media videoshow atau presentasi (d) Tahap demonstrasi dilakukan dengan kegiatan praktik atau pengerjaan lembar kerja siswa secara berkelompok (e) Tahap ulangi dilakukan dengan membuat kesimpulan atau guru memberikan penguatan materi dan (f) Tahap rayakan dilakukan dengan mengangkat tangan atau membagikan hadiah (2) Prestasi belajar siswa X TKJ 2 yang mengalami peningkatan sebesar 31 1% pada ranah kognitif pada ranah afektif mengalami peningkatan sebesar 16 87% dan pada ranah psikomotor mengalami peningkatan sebesar 12 47%.Saran (1) Dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar dan aktivitas siswa (2) Dapat digunakan oleh guru bidang studi lain sebagai salah satu variasi pendekatan dalam pembelajaran (3) Siklus sebaiknya ditambahkan hingga siklus III untuk melihat hasil yang lebih relevan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45545

Actions (login required)

View Item View Item