Hubungan antara sikap belajar dan kompetensi guru dengan prestasi belajar TIK siswa kelas VIII di MTs. Negeri Kunir Kabupaten Blitar / Joko Nugroho - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara sikap belajar dan kompetensi guru dengan prestasi belajar TIK siswa kelas VIII di MTs. Negeri Kunir Kabupaten Blitar / Joko Nugroho

Nugroho, Joko (2010) Hubungan antara sikap belajar dan kompetensi guru dengan prestasi belajar TIK siswa kelas VIII di MTs. Negeri Kunir Kabupaten Blitar / Joko Nugroho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nugroho Joko. 2009. Hubungan Antara Sikap Belajar dan Kompetensi Guru dengan Prestasi Belajar TIK Siswa Kelas VIII di MTs. Negeri Kunir Kabupaten Blitar. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Setiadi C.P. M.T. M.Pd. (II) Drs. Wahyu Sakti G.I. M.Kom Kata Kunci sikap belajar kompetensi guru prestasi belajar TIK Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap gambaran objektif tentang (1) Hubungan antara sikap belajar dengan prestasi belajar TIK (2) Hubungan kompetensi guru dengan prestasi belajar dan (3) Hubungan antara sikap belajar dan kompetensi guru secara simultan dengan prestasi belajar TIK. Penelitian ini dilakukan di MTs. Negeri Kunir Kabupaten Blitar. Objek penelitian adalah siswa kelas VIII di MTs. Negeri Kunir Kabupaten Blitar dengan sampel sebanyak 162 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah proporsional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linier ganda untuk mengungkap besarnya hubungan sikap belajar dan kompetensi guru dengan prestasi belajar. Analisis data dilakukan dengan bantuan perangkat lunak SPSS for Windows release 17. Penelitian ini berhasil mengungkap (1) Sikap belajar (X1) memiliki kategori tinggi sebesar 64 2% (2) Kompetensi guru (X2) memiliki kategori sangat tinggi sebesar 56 2% dan (3) Prestasi belajar TIK (Y) memiliki kategori sedang sebesar 60 5% hasil analisis uji hopotesis (1) Ada hubungan yang cukup kuat antara sikap belajar dengan prestasi belajar TIK siswa kelas VIII MTs. Negeri Kunir Kabupaten Blitar. (2) Ada hubungan yang cukup kuat antara kompetensi guru dengan prestasi belajar TIK siswa kelas VIII MTs. Negeri Kunir Kabupaten Blitar dan (3) Ada hubungan yang cukup kuat antara kedua prediktor yaitu sikap belajar dan kompetensi guru secara simultan dengan prestasi belajar TIK siswa kelas VIII MTs. Negeri Kunir Kabupaten Blitar. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Sikap belajar siswa berada dalam kategori tinggi (2) Kompetensi guru TIK berada dalam kategori sangat tinggi (3) Prestasi belajar TIK berada dalam kategori sedang (4) Ada hubungan positif dan signifikan antara sikap belajar dengan prestasi belajar TIK (5) Ada hubungan positif dan signifikan antara kompetensi guru dengan prestasi belajar TIK dan (6) Ada hubungan positif dan signifikan antara sikap belajar TIK dan kompetensi guru secara simultan dengan prestasi belajar TIK. Saran penelitian ini adalah (1) Siswa diharapkan untuk tetap memperhatikan sikap belajarnya dan selalu memperbaiki sikap belajar ketika mengikuti pelajaran TIK (2) Guru TIK diharapkan untuk tetap memperhatikan dan meningkatkan kompetensinya dan hendaknya ikut serta dalam pengembangan sikap belajar siswa-siswanya (3) Orangtua hendaknya ikut serta dalam meningkatkan pengembangan sikap belajar anaknya agar terbentuk sikap belajar yang baik dan (4) Sekolah diharapkan dapat melaksanakan pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru TIK serta diharapkan memperhatikan sikap belajar siswa-siswanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45542

Actions (login required)

View Item View Item