Hubungan kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran KKPI kelas X SMK Kartika V-1 Balikpapan / Ardiansyah

Ardiansyah (2009) Hubungan kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran KKPI kelas X SMK Kartika V-1 Balikpapan / Ardiansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Proses belajar mengajar adalah suatu proses yang mengandung serangkaian perbuatan guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam interaksi edukatif untuk mencapai tujuan pendidikan. Kinerja guru di SMK Kartika V-1 Balikpapan sebagai fasilitator harus lebih kreatif dan inovatif dalam mengelola proses belajar mengajar di kelas. Suasana yang menyenangkan bagi siswa secara tidak langsung akan mempengaruhi minat siswa terhadap mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI), khususnya materi yang sedang dipelajari oleh siswa SMK Kartika V-1 Balikpapan. Kemampuan guru dalam mengelola kelas dan mengelola proses belajar mengajar dapat menumbuhkan motivasi siswa dan mendorong diperolehnya peningkatan prestasi siswa. Guru dalam memberikan pelajaran terhadap anak didiknya mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, sehingga hal ini menunjukkan perbedaan kinerja guru dalam memberikan motivasi terhadap anak didiknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan dan menganalisis kinerja guru mata pelajaran KKPI pada siswa kelas X di SMK Kartika V-1 Balikpapan, (2) mendeskripsikan dan menganalisis motivasi belajar siswa kelas X SMK Kartika pada mata pelajaran KKPI, dan (3) mengetahui besar hubungan kinerja guru KKPI terhadap motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran KKPI. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah kelas X SMK Kartika V-1 Balikpapan yang berjumlah 110 orang. Sampel penelitian ini menggunakan metode proportional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 55 orang. Kesimpulan penelitian ini diperoleh bahwa: (1) tingkat kinerja guru SMK Kartika V-1 Balikpapan berada dalam kategori tinggi sebesar 74,5%, (2) motivasi belajar siswa pada mata pelajaran KKPI kelas X SMK Kartika V-1 Balikpapan berada dalam kategori tinggi sebesar 76,4%, dan (3) Ada hubungan kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran KKPI kelas X SMK Kartika V-1 Balikpapan dengan harga koefisien korelasi rxy = 0,577 dan signifikansi = 0,000 (p = 0,000 < 0,05). Dari kesimpulan di atas, maka dapat diberikan beberapa saran sebagai berikut: (1) guru hendaknya mempertahankan kinerjanya yang berada dalam kategori tinggi dan harus lebih kreatif dan inovatif dalam mengelola proses belajar mengajar di kelas dengan menciptakan kondisi kelas yang lebih hidup dan menyenangkan bagi siswa, (2) Siswa hendaknya mempertahankan motivasi belajarnya dan juga lebih termotivasi lagi dalam belajar jika guru menunjukkan kinerja yang baik sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, dan (3) Guru merupakan ujung tombak keberhasilan pendidikan sehingga perlu melakukan upaya pembenahan baik secara internal maupun eksternal maka hal yang harus dipenuhi oleh guru dengan memahami dan mengusai kompetensi dasar yang dipersyaratkan sehingga dapat meningkatkan kinerja yang pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45540

Actions (login required)

View Item View Item