Profil guru bidang keahlian teknologi informasi dan komunikasi pada Sekolah Menengah Kejuruan berdasarkan standar pendidikan di Kota Balikpapan / Tri Aristanto T.

Aristanto T., Tri (2009) Profil guru bidang keahlian teknologi informasi dan komunikasi pada Sekolah Menengah Kejuruan berdasarkan standar pendidikan di Kota Balikpapan / Tri Aristanto T. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aristanto, T. 2008. Profil Guru Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Sekolah Menengah Kejuruan Berdasarkan Standar Pendidik di Kota Balikpapan. Fakultas Teknik. Jurusan Teknik Elektro. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika. Universitas Negeri Malang. Skripsi. Pembimbing: (I) Drs. Setiadi C.P., M.Pd., M.T. dan (II) Drs. H. Tri Atmadji Sutikno, M.Pd. Kata kunci: Profil Guru SMK, Standar Pendidik Guru sangat menentukan keberhasilan peserta didik, terutama dalam kaitannya dengan proses belajar mengajar. Oleh karena itu, upaya perbaikan perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan didukung guru yang profesional. Dengan adanya persyaratan profesionalisme guru, perlu adanya paradigma baru untuk melahirkan profil guru Indonesia yang profesional di abad 21 yaitu; (1) memiliki kepribadian yang matang dan berkembang; (2) penguasaan ilmu yang kuat; (3) keterampilan untuk membangkitkan peserta didik terhadap sains dan teknologi; dan (4) pengembangan profesi secara berkesinambungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan guru SMK berdasarkan standar pendidik dalam Standar Nasional Pendidikan, yaitu: (1) kualifikasi akademik pendidikan minimum, (2) kesesuaian latar belakang program pendidikan tinggi dengan mata pelajaran (diklat) yang diajarkan, (3) kepemilikan sertifikat pendidik, (4) kompetensi pedagogik, (5) kompetensi profesional, (6) kompetensi kepribadian, dan (7) kompetensi sosial. Rancangan penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Penelitian ini adalah penelitian populasi dari guru SMK Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi di kota Balikpapan yang berjumlah 43 orang. Tehnik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) sebanyak 32 guru (74.4%) berpendidikan S1, (2) terdapat 28 guru (65,2%) tidak memiliki kesesuaian latar belakang pendidikan tinggi dengan mata pelajaran (diklat) yang diajarkan, (3) sebanyak 40 guru (93,0%) belum memiliki sertifikat pendidik, (4) kompetensi pedagogik dalam kategori cukup (41,9%), (5) kompetensi profesional dalam kategori cukup (60,5%), (6) kompetensi kepribadian dalam kategori cukup (58,1%), dan (7) kompetensi sosial berada dalam kategori rendah (51,2%). Dari hasil penelitian, disajikan saran-saran sebagai berikut: (1) Pemerintah khususnya Diknas Kota Balikpapan hendaknya melakukan pembenahan sistem pendidikan dan pelatihan yang lebih fungsional dan lebih berorientasi pada pembentukan dan pemberdayaan kepribadian dan profesi, (2) Guru perlu melakukan upaya pembenahan baik secara internal maupun eksternal, sehingga guru harus memahami dan mengusai kompetensi dasar yang dipersyaratkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45539

Actions (login required)

View Item View Item