Kinerja campuran Hot Rolled Sheet-Wearing Course (HRS-WC) dengan filler abu ampas tebu / Nikmatul Azizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Kinerja campuran Hot Rolled Sheet-Wearing Course (HRS-WC) dengan filler abu ampas tebu / Nikmatul Azizah

Azizah, Nikmatul (2017) Kinerja campuran Hot Rolled Sheet-Wearing Course (HRS-WC) dengan filler abu ampas tebu / Nikmatul Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Azizah Nikmatul. 2017. Kinerja Campuran Hot Rolled Sheet-Wearing Course (HRS-WC) dengan Filler Abu Ampas Tebu. Proyek Akhir Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Boedi Rahardjo M.Pd. M.T. Kata kunci Kinerja Marshall HRS-WC Filler Abu Ampas Tebu Kerusakan jalan seperti retak dan bleeding sering terjadi pada lapis permukaan yang disebabkan oleh beban kendaraan yang berlebih (overload). Guna memperkuat konstruksi lapis permukaan dibutuhkan bahan penyusun campuranyang dapat menambah stabilitas lapis permukaan salah satunya adalah filler. Abu ampas tebu merupakan salah satu jenis filler yang memiliki kandungan silika hingga 70% sehingga dapat meningkatkan kekuatan lapis permukaan. Tujuan dari pengujian ini adalah (a) Mengetahui sifat fisik dan mekanik bahan-bahan penyusun campuran HRS-WC dan (b) Mengetahui kinerja campuran HRS-WCfiller abu ampas tebu dengan pengujian Marshall. Metode pengujian yang dilakukan terdiri dari (1) Persiapan bahan dan alat (2) Pengujian bahan meliputi agregat filler dan aspal (3) Pembuatan benda uji (4) Pengujian Marshall dan (5) Penentuan Kadar Aspal Optimum (KAO). Spesifikasi campuran dan pengujian bahan mengacu pada Spesifikasi Umum Bina Marga Divisi 6 Tahun 2010 Revisi 3 serta Manual Konstruksi dan Bangunan Pemeriksaan Material/Bahan Jalan Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga Tahun 2009. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh (a) hasil pemeriksaan agregat kasar untuk berat jenis bulk 2 54 gram/cm3 berat jenis SSD 2 57 gram/cm3 dan berat jenis semu 2 63 gram/cm3 penyerapan 1 2% dan keausan agregat sebesar 34 8% sedangkan untuk pemeriksaan agregat halus diperoleh berat jenis bulk 2 5 gram/cm3 berat jenis SSD 2 55 gram/cm3 dan berat jenis semu 2 61 gram/cm3 penyerapan air 1 63% (b) KAO campuran sebesar 7 25% (c) Hasil pengujian campuran dengan alat Marshall diperoleh nilai parameter Marshall pada KAO yaitu nilai stabilitas 1244 43 kg kelelehan (flow) 3 98 mm Marshall Quotient (MQ) 319 22 kg/mm nilai Void in Mixture (VIM) sebesar 5 31% Void in Mineral Agregate (VMA) 18 67% dan Void Filled with Bitumen (VFB) sebesar 72 03%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45532

Actions (login required)

View Item View Item