Hybrid Anaerobic Baffled Reactor-Filter Uplow sebagai instalasi pengolahan air limbah guna mendukung penerapan green building pada bangunan tinggi / Indah Damayanti

Damayanti, Indah (2019) Hybrid Anaerobic Baffled Reactor-Filter Uplow sebagai instalasi pengolahan air limbah guna mendukung penerapan green building pada bangunan tinggi / Indah Damayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Damayanti, Indah. 2019. Hybrid Anaerobic Baffled ReactorÔÇôFilter Upflow sebagai Instalasi Pengolahan Air Limbah Guna Mendukung Penerapan Green Building Pada Bangunan Tinggi. Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Program Studi S1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Anie Yulistyorini, S.T., M.Sc., Ph.D., (II) Drs. Mujiyono, M.Pd. Kata Kunci: HABR, filter upflow, green building Anaerobic Baffled Reactor (ABR) merupakan sistem pengolahan air limbah tersuspensi aerobik dan memiliki kompartemen-kompartemen yang dibatasi oleh sekat vertikal. Sistem pengolahan air limbah ini umum diterapkan di kota Malang. Namun sistem tersebut memiliki beberapa kendala teknis, salah satunya adalah effluen air limbah pada ABR belum memenuhi syarat baku mutu air limbah. Sehingga pada penelitian ini, dilakukan pengembangan pengolahan lanjutan dengan cara memodifikasi sistem ABR dengan penambahan kompartemen filter dengan filter aliran upflow untuk menghasilkan efluen yang mampu dimanfaatkan kembali atau dibuang langsung ke lingkungan. Sistem ini disebut Hybrid Anaerobic Baffled Reactor ÔÇô Filter Upflow (HABR-FU). Pola aliran U-shape digunakan untuk mengalirkan air limbah dari inlet menuju outlet. Dimensi reaktor dihitung berdasarkan teori dasar waktu tinggal dalam teori DEWATS. Volume air limbah yang direncanakan dalam reaktor adalah 60 liter. Berdasarkan volume tersebut, dimensi reaktor skala laboratorium yang memiliki beberapa kompartemen adalah 75 cm x 20 cm x 40 cm untuk total panjang, lebar, dan tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa HABR-FU lebih unggul dalam menyisihkan kadar BOD hingga 96% dan TSS hingga 98%. Nilai rata-rata air limbah dari beberapa parameter seperti pH, suhu, DO, BOD, TSS, TKN dan TC telah memenuhi standar kualitas air limbah. Kinerja penyisihan HABR-FU adalah 96% dari BOD, 98% dari TSS, 92% dari TKN, 26% dari TP, dan 89% dari TC. Namun, TP berada di atas standar baku mutu air limbah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45527

Actions (login required)

View Item View Item