Pengaruh penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) terhadap biaya dan waktu pelaksanaan proyek pembangunan gedung / Revina Aprilia Hulis

Hulis, Revina Aprilia (2019) Pengaruh penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) terhadap biaya dan waktu pelaksanaan proyek pembangunan gedung / Revina Aprilia Hulis. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Hulis, Revina Aprilia. 2019. Pengaruh Penerapan Sistem Manajemen Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (SMK3) terhadap Biaya dan Waktu Pelaksanaan Proyek Pembangunan Gedung. Skripsi, Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Drs. Made Wena, M.Pd., M.T., (II) Drs. N. Bambang Revantoro, S.T., M.T. Kata Kunci : SMK3, Biaya, Waktu Permasalahan kecelakaan kerja di Indonesia beberapa tahun terakhir menunjukkan peningkatan, namun hal ini tidak diikuti perkembangan SMK3. Saat ini setiap pihak yang terlibat (stakeholder) dalam pembangunan proyek konstruksi menuntut adanya jaminan kesehatan dan keselamatan kerja saat pelaksanaan proyek konstruksi. Standar K3 yang saat ini diterapkan pada pelaksanaan proyek dirasa kurang memadai, sehingga tingkat kecelakaan kerja masih dirasa sangat tinggi. Potensi risiko kecelakaan kerja yang dapat terjadi saat pelaksanaan proyek menuntut stakeholder untuk mengetahui pengetahuan akan K3 pada suatu proyek konstruksi. Aspek K3 tidak akan berjalan seperti seharusnya tanpa adanya intervensi dari manajemen berupa upaya terencana untuk mengelolanya (safety management), manajemen tersebut sering disebut dengan sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja (SMK3). Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui penerapan SMK3 pada proyek pembangunan gedung saat ini serta mengetahui seberapa besar pengaruh SMK3 terhadap biaya dan waktu pelaksanaan proyek pembangunan. Metode penelitian yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan kuisioner atau angket pada proyek pembangunan Transmart Mx Mall di kota Malang dan pada proyek pembangunan Grand sungkono lagoon di kota Surabaya tahun 2018 sampai 2019. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan metode partial least square (PLS). Dari hasil analisis pada penilaian penerapan SMK3 diperoleh hasil bahwa pada pengetahuan SMK3, perencanaan SMK3, pelaksanaan SMK3, pengawasan SMK3 serta peninjauan dan peningkatan SMK3 memiliki penilaian yang baik dan sangat baik pada masing-masing penerapannya. Hasil dari penelitian dengan menggunakan Partial Least Square (PLS) yaitu pengaruh SMK3 terhadap biaya pada proyek pembangunan gedung sebesar 21,6% dan pengaruh SMK3 terhadap waktu pada proyek pembangunan gedung sebesar 35,4% sisanya dijelaskan oleh variabel lainnya. Nilai hasil pengujian pengaruh SMK3 (x) terhadap biaya (Y1) dengan nilai t-statistik sebesar 2,676 maka terdapat hubungan yang positif dengan koefisien sampel asli sebesar (0,464). Nilai hasil pengujian pengaruh SMK3 (x) terhadap waktu (Y2) dengan nilai t-statistik sebesar 7,788 maka terdapat hubungan yang positif dengan koefisien sampel asli sebesar (0,595). Hasil dari koefisien path menunjukkan bahwa indikator yang paling dominan terhadap variabel SMK3 yaitu pelaksanaan SMK3 pada proyek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45526

Actions (login required)

View Item View Item