Kajian penambahan polimer Ethylene Vinyl Acetate (EVA) ditinjau dari karakteristik Marshall pada lapisan aspal beton AC-WC / Oke Hangga Dinata

Dinata, Oke Hangga (2019) Kajian penambahan polimer Ethylene Vinyl Acetate (EVA) ditinjau dari karakteristik Marshall pada lapisan aspal beton AC-WC / Oke Hangga Dinata. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ii RINGKASAN Dinata, Oke Hangga. 2018. Kajian Penambahan Polimer Ethylene Vinyl Acetate (EVA) Ditinjau dari Karakteristik Marshall pada Lapisan Aspal Beton AC-WC. Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Bambang Supriyanto, S.T., M.T., (II) Pranoto, S.T., M.T. Kata Kunci: AC-WC, polimer EVA, karakteristik Marshall Meningkatnya volume lalulintas, serta akibat adanya perubahan kondisi lingkungan yang tidak dapat diprediksikan, mengakibatkan penurunan kinerja dari perkerasan jalan dan penurunannya lebih cepat dari perkiraan umur rencana, khususnya pada bagian lapis atas atau wearing course. Salah satu cara untuk mengatasi masalah kerusakan jalan yang disebabkan oleh volume lalu lintas yang tinggi dan over loading adalah dengan cara memodifikasi aspal dengan menambahkan suatu bahan polimer. Salah satu polimer yang mampu meningkatkan kinerja campuran laston AC-WC adalah polimer jenis EVA (Ethylene Vinyl Acetate). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Karakteristik dari penambahan polimer EVA pada campuran aspal terhadap parameter Marshall dan Indeks Kekuatan Sisa (IKS) pada lapisan aspal beton AC-WC; (2) Persentase kadar optimum dari variasi penambahan polimer EVA pada campuran lapisan aspal beton AC-WC. Metode penelitian ini terdiri dari persiapan bahan dasar penyusun campuran seperti agregat, aspal, dan EVA. Selanjutnya membuat benda uji KAO dengan kadar 5%, 5,5%, 6%, 6,5%, dan 7% diuji dengan parameter Marshall. Setelah didapat KAO selanjutnya membuat benda uji yang ditambahkan EVA dengan kadar 0%, 3%, 6%, 9%, dan 12%, dilakukan dua perendaman untuk setiap kadar dengan waktu 30 menit dan 24 jam selanjutnya diuji dengan parameter Marshall . Dari hasil penelitian, setelah penambahan polimer EVA pada campuran AC-WC didapatkan karakteristik parameter marshall dan IKS sebagai berikut: (1) Nilai stabilitas pada kadar EVA 0% sebesar 1085,10 kg mengalami peningkatan pada kadar 3% dan 6% berturut turut mencapai 1204,65 kg dan 1236,13 kemudian seiring bertambahnya kadar EVA nilai stabilitas mengalami penurunan pada kadar EVA 9%-12% menjadi 1027,9 kg. Nilai flow mengalami penurunan pada kadar 0%-6% kemudian naik pada kadar 9%-12%, Nilai VIM dan VMA mengalami penurunan dan nilai VFA mengalami kenaikan pada setiap penambahan kadar polimer EVA. Nilai MQ mengalami kenaikan pada kadar 0%-6% kemudian menurun pada kadar 9%-12%. Sedangkan nilai IKS mengalami penurunan seiring bertambahnya kadar EVA yang digunakan, penurunan yang terjadi dari kedua jenis perendaman sebesar 8-10%. Penurunan nilai IKS akan berpengaruh terhadap keawetan campuran aspal. (2) Presentase optimum dari penambahan polimer EVA sebagai bahan aditif campuran lapisan AC-WC terdapat pada kadar EVA 6% dengan nilai stabilitas, flow, VIM, VMA, VFA dan MQ yang memenuhi spesifikasi dari Direktorat Jenderal Bina Marga 2010.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45518

Actions (login required)

View Item View Item