Kajian penambahan variasi copper slag sebagai filler ditinjau dari karakteristik Marshall pada campuran Asphalt Concrete-Wearing Course (AC-WC) / Resti Maredahlia Sampurna - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian penambahan variasi copper slag sebagai filler ditinjau dari karakteristik Marshall pada campuran Asphalt Concrete-Wearing Course (AC-WC) / Resti Maredahlia Sampurna

Sampurna, Resti Maredahlia (2019) Kajian penambahan variasi copper slag sebagai filler ditinjau dari karakteristik Marshall pada campuran Asphalt Concrete-Wearing Course (AC-WC) / Resti Maredahlia Sampurna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iii RINGKASAN Sampurna Resti Maredahlia. 2018. Kajian Penambahan Variasi Copper Slag Sebagai Filler Ditinjau dari Karakteristik Marshall pada Campuran Asphalt Concrete-Wearing Course (AC-WC). Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Bambang Supriyanto S.T. M.T. (II) Pranoto S.T. M.T. Kata Kunci AC-WC copper slag karakteristik marshall Kerusakan jalan disebabkan oleh kondisi alam dan cuaca saat ini Indonesia sendiri cuaca seringkali berubah ubah dan tidak dapat diprediksi lagi. Curah hujan yang tinggi saat ini juga salah satu penyebab kerusakan jalan air hujan yang tergenang di atas permukaan jalan mengakibatkan air tidak dapat terserap kedalam tanah. Masalah tersebut disebut juga dengan aquaplaning atau kondisi dimana lapisan air terbentuk antara permukaan jalan dan ban sehingga dapat menimbulkan kerusakan pada permukaan lapisan aspal. Dalam Penelitian ini mencoba menggunakan limbah terak tembaga atau Copper Slag sebagai bahan substitusi filler yang diharapkan dapat menambah kualitas campuran beton aspal khususnya lapisan aspal permukaan (AC-WC) sekaligus mengurangi dampak lingkungan akibat limbah Copper Slag yang terbuang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Karakteristik dari penambahan Copper Slag pada campuran aspal terhadap parameter Marshall dan Indeks Kekuatan Sisa (IKS) pada lapisan asphalt concrete-wearing Course (AC-WC) (2) Kadar optimum dari variasi penambahan Copper Slag pada lapisan (AC-WC). Metode penelitian ini terdiri dari persiapan bahan dasar penyusun campuran seperti agregat aspal dan Copper Slag. Selanjutnya membuat benda uji KAO dengan kadar 5% 5 5% 6% 6 5% dan 7% diuji dengan parameter Marshall. Setelah didapat KAO selanjutnya membuat benda uji yang ditambahkan Copper Slag dengan kadar 0% 5% 10% 15% dan 20% dilakukan dua perendaman untuk setiap kadar dengan waktu 30 menit dan 24 jam selanjutnya diuji dengan parameter Marshall . Hasil penelitian menunjukan setelah penambahan Copper Slag pada campuran AC-WC didapatkan karakteristik parameter marshall dan IKS sebagai berikut (1) Nilai stabilitas mengalami peningkatan sampai dengan kadar 5% kemudian seiring bertambahnya kadar Copper Slag nilai stabilitas mengalami penurunan. Nilai flow mengalami penurunan pada kadar 0%-5% kemudian naik pada kadar 10%-20% Nilai VIM dan VMA mengalami penurunan dan nilai VFA mengalami kenaikan pada setiap penambahan Copper Slag. Nilai MQ mengalami kenaikan dan setelah mencapai puncaknya pada kadar 5% kemudian menurun. Nilai IKS mengalami penurunan seiring bertambahnya kadar Copper Slag yang digunakan. Penurunan nilai IKS akan berpengaruh terhadap keawetan campuran aspal. (2) Kadar optimum dari penambahan Copper Slag sebagai filler pada campuran lapisan AC-WC terdapat pada kadar 5% dengan nilai stabilitas flow VIM VMA VFA dan MQ yang memenuhi spesifikasi dari Direktorat Jenderal Bina Marga 2010.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45517

Actions (login required)

View Item View Item