Studi karakteristik perkerasan lapisan Hot Rolled Sheet-Wearing Course (HRS-WC) menggunakan bahan tambah lateks terhadap parameter Marshall dan keausan benda uji / Moch. Ardi Nur Fatoni

Fatoni, Moch. Ardi Nur (2019) Studi karakteristik perkerasan lapisan Hot Rolled Sheet-Wearing Course (HRS-WC) menggunakan bahan tambah lateks terhadap parameter Marshall dan keausan benda uji / Moch. Ardi Nur Fatoni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fatoni, Moch. Ardi Nur. 2018. StudiKarakteristikPerkerasanLapisanHot Rolled Sheet-Wearing Course (HRS-WC) MenggunakanBahanTambahLateksTehadap Parameter Marshall danKeausan Benda Uji.Skripsi, JurusanTeknikSipil, FakultasTeknik, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I)Drs. H. BambangSupriyanto, S.T., M.T.,(II) Drs. H. Sugiyanto, S.T., M.T. Kata Kunci: lateks, HRS-WC, parameter marshall Lapisanpermukaan (lapis aus) berupa lapistipis aspalbeton (Lataston) atauHot Rolled Sheetterletak paling ataspadaperkerasan, yangbersentuhanlangsungdenganrodakendaraan.Hot Rolled Sheetmemilikifungsisebagailapisanpenutupuntukmencegahmasuknya air daripermukaankedalamkonstruksiperkerasanbawahnyahinggadapatmempertahankankekuatankonstruksi.Salah satusolusiuntukjalanraya yang menerimabebanberatdarikendaraandanjugagenangan air, adalahdenganpenambahanlatekspadacampuranaspalbeton.Lateksadalahcairangetah yang didapatdaripohonkaretdantelahmelalui proses pengolahan. Penelitianinibetujuanuntuk (1) mengetahuikarakteristikcampuranaspalbetonHot Rolled Sheet-Wearing Coursepadakadaraspal optimum (KAO), (2) mengetahuikarakteristikcampuranaspalbetonHot Rolled Sheet-Wearing Coursedenganpenambahanlateksditinjaudari parameter Marshall. Tahappertamapadapenelitianiniyaitumendapatkannilai Kadar Aspal Optimum (KAO), denganmenggunakanvariasikadaraspal 6%, 6,5%, 7%, 7,5%, dan 8%. Tahapkedua, membuatbendaujidengan KAO danpenambahanlateksdenganvariasikadarlateks0%, 2,5%, 5%, 7,5%, 10%, 12.5%. Masing-masingpembuatanbendaujisebanyaktigabendauji. Hasilpenelitian (1) karakteristikcampuranaspalbetonHot Rolled Sheet-Wearing Coursesebelumditambahkanlateksterhadap parameter Marshall, stabilitasmengalamikenaikandisetiapkadaraspalnya, kemudianpadakadaraspal 7,5% mengalamipenurunan, flowmengalamikenaikandisetiapkadaraspalnya, MQ meningkatsampaikadar 6,5% kemudiancenderungmenurundisetiapkadaraspalnya, VIM mengalamipenurunandisetiapkadaraspalnya, VMA mengalamipenurunandisetiapkadaraspalnya, VFA mengalamikenaikandisetiapkadaraspalnya, nilaiKAO sebesar7,87%, (2) karakteristikcampuranHot Rolled Sheet-Wearing Coursedenganpenambahanlateksditinjaudari parameter Marshall, stabilitasmeningkatpadakadar 7,5% sebesar 1325,76kg, flow meningkatpadakadar 0%-12,5%, MQ menurunpadakadar 0%-12,5%, VIM menurunpadakadar 0%-12,5%, VMA menurunpadakadar 0%-12,5%, VFA meningkatpadakadar 0%-12,5%, kadarlateks optimum sebesar 11,25%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45516

Actions (login required)

View Item View Item