Analisis dan desain sambungan struktur baja berdasarkan SNI 1729:2015 menggunakan bahasa pemrograman fortan / Bulqis Afifah

Afifah, Bulqis (2019) Analisis dan desain sambungan struktur baja berdasarkan SNI 1729:2015 menggunakan bahasa pemrograman fortan / Bulqis Afifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Afifah, Bulqis. 2018. Analisis dan Desain Sambungan Struktur Baja Berdasarkan SNI 1729:2015 Menggunakan Bahasa Pemrograman Fortran. Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Karyadi, M.P., M.T. (II) Ir. Edi Santoso, M.T. Kata kunci: Analisis, Desain, Fortran, SNI 1729:2015, Sambungan Baja, Baut Sambungan merupakan bagian yang tidak dapat dihindari dalam sebuah perancangan struktur baja. Setiap pertemuan beberapa elemen struktur baja harus disambungkan dengan suatu sistem sambungan. Selain menyatukan elemen-elemen struktur baja, sambungan juga berfungsi menyalurkan gaya dari elemen satu ke elemen yang lain. Contoh sambungan dalam konstruksi baja adalah sambungan momen pada balok-kolom dan balok-balok menggunakan baut. Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan, perhitungan sambungan baja dapat dilakukan dengan cepat dengan memanfaatkan program komputer. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat suatu program yang dapat dijadikan alternatif untuk menghitung sambungan konstruksi baja berdasarkan peraturan tentang struktur baja yang terbaru yaitu SNI 1729:2015. Dengan bantuan bahasa pemrograman Fortan, program dibuat untuk menghitung analisis dan desain sambungan balok-balok dan sambungan balok-kolom end-plate.. Program dibuat untuk menganalisis dan mendesain sambungan baja. Perhitungan analisis yang dimaksud adalah melakukan perhitungan menurut data input (beban rencana, jumlah dan ukuran baut, tebal plat, jarak baut) apakah sambungan aman atau tidak. Sedangkan perhitungan desain, program akan menghitung dan menentukan jumlah baut, dan jarak baut yang digunakan dalam sambungan. Kesimpulan dari penelitian ini berupa tingkat kecocokan hasil antara ouput program dengan hasil perhitungan manual. Tingkat kecocokan yang didapat sangat tinggi serta memiliki hubungan yang sangat kuat yaitu sebesar 99,17 ÔÇô 100% (koefisien determinasi). Tingginya tingkat kecocokan dan hubungan yang kuat, sehingga program yang dibuat dapat menjadi alternative untuk perhitungan sambungan balok-balok dan sambungan balok-kolom end-plate.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2019 04:29
Last Modified: 07 Oct 2019 08:01
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45510

Actions (login required)

View Item View Item