Ardiansyah, Sandra (2023) Dampak banjir bandang kota Batu sebagai ide penciptaan karya seni lukis. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Banjir bandang yang terjadi di Kota Batu pada tanggal 4 November 2021 memberikan dampak yang kompleks, termasuk kerusakan lingkungan, tempat tinggal hingga kerugian ekonomi. Delapan puluh delapan kepala keluarga terdampak banjir bandang, tiga puluh lima unit rumah rusak, delapan puluh kendaraan rusak, dan tujuh orang korban meninggal dunia. Menjadi korban dalam sebuah bencana adalah pengalaman pertama pencipta yang berdampak secara materi maupun non materi. Berdasarkan hal tersebut pencipta terdorong untuk melukiskan proses hingga dampak terjadinya banjir bandang melalui karya seni lukis naif. Tujuan penciptaan ini adalah untuk menjelaskan proses bagaimana pencipta mengolah ide atau konsep hingga menjadi sebuah karya seni lukis bergaya naif dan memberikan gambaran kepada apresiator bahwa banjir bandang merupakan ancaman yang nyata dan dapat terjadi sewaktu-waktu, serta untuk mengingatkan agar tetap waspada dan mengambil langkah-langkah pencegahan guna menghindari bencana serupa. Metode yang digunakan dalam penciptaan karya lukis ini adalah Model Alma Hawkins, yang memiliki tiga tahapan yakni tahap eksplorasi, improvisasi, dan pembentukan. Karya lukis yang dihasilkan berjumlah enam karya yang mereinterpretasi proses terjadinya banjir hingga dampak paska terjadinya banjir bandang. Karya seni lukis ditampilkan sebagai media penyampai pesan kepada apresiator untuk selalu peduli terhadap lingkungan, sehingga mencegah terjadinya bencana serupa di kemudian hari.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 00:59 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 00:59 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4551 |
Actions (login required)
View Item |