Pamungkas, Arbi Yuda (2018) Analisis stabilitas lereng dan pemodelan penanganan kelongsoran menggunakan aplikasi Plaxis 8.6: studi kasus ruas Jalan Pujotirto Kecamatan Karangsambung Kabupaten Kebumen Jawa Tengah / Arbi Yuda Pamungkas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i RINGKASAN Pamungkas Arbi Yuda. 2018. Analisis Stabilitas Lereng dan Pemodelan Penanganan Kelongsoran Menggunakan Aplikasi Plaxis 8.6 Studi Kasus Ruas Jalan Pujotirto Kecamatan Karangsambung Kabupaten Kebumen Jawa Tengah. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Eko Setyawan S.T. M.T (II) Drs. Ir. I Wayan Jirna M.T. Kata Kunci Stabilitas Lereng Beban lalu lintas Geogrid Plaxis 8.6 Faktor Keamanan. Studi kasus ruas jalan Pujotirto pada STA 6 550 terjadi longsoran sebelum pembangunan peningkatan jalan berlangsung. Penambahan beban lalu lintas ruas jalan Pujotirto dapat mempengaruhi stabilitas lereng tanah. Penanganan kelongsoran akibat penambahan beban lalu lintas digunakan alternatif perkuatan lereng tanah menggunakan uniaxial geogrid. Lereng tanah akibat penambahan beban lalu lintas dimodelkan dan dianalisis dengan program aplikasi Plaxis 8.6. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui stabilitas lereng akibat penambahan beban lalu lintas pembangunan peningkatan ruas jalan Pujotirto. Selain itu dalam penelitian ini ingin mengetahui penanganan kelongsoran dengan menggunakan perkuatan uniaxial geogrid terhadap stabilitas lereng dan besarnya faktor keamanan (safety factor) yang didapat menggunakan alat bantu program aplikasi Plaxis 8.6. Rancangan penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Bagian yang diamati dalam penelitian ini merupakan hasil analisis stabilitas lereng akibat penambahan beban lalu lintas berupa faktor keamanan (safety factor) lereng tanah. Hasil analisis faktor kemanan stabilitas lereng didapatkan faktor keamanan lereng tanah kondisi asli sebesar 931 MSF 1 085 dan faktor keamanan lereng tanah timbunan tanpa perkuatan sebesar 931 MSF 1 126. Nilai faktor keamanan lereng tanah kurang dari yang disyaratkan SNI 8460 1726 tentang Persyaratan Perancangan Geoteknik faktor keamanan lereng tanah sebesar 1 50 dengan hasil kesimpulan lereng tersebut tidak stabil akibat penambahan beban lalu lintas. Hasil penanganan kelongsoran dengan perkuatan geogrid didapatkan nilai faktor keamanan lereng tanah sebesar 931 MSF 1 639 1 50 dengan kesimpulan lereng tanah dengan perkuatan geogrid stabil dan mampu menahan beban layan akibat penambahan beban lalu lintas pembangunan peningkatan ruas jalan Pujotirto.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Dec 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/45506 |
Actions (login required)
View Item |