Aplikasi value engineering terhadap struktur atas pada proyek pembangunan Grand Sungkono Lagoon The Caspian Tower Surabaya / Muhamad Azhar Basil

Basil, Muhamad Azhar (2018) Aplikasi value engineering terhadap struktur atas pada proyek pembangunan Grand Sungkono Lagoon The Caspian Tower Surabaya / Muhamad Azhar Basil. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Basil, Muhamad Azhar. 2018. Aplikasi Value Engineering terhadap Struktur Atas pada Proyek Pembangunan Grand Sungkono Lagoon The Caspian Tower Surabaya. Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. N. Bambang Revantoro, S.T., M.T., (II) Ir. Edi Santoso, M.T. Kata Kunci : Value Engineering, Kolom, Balok, Pelat, Penghematan Biaya. Value engineering adalah suatu usaha kreatif dalam mencapai tujuan dengan memaksimalkan biaya dan kinerja dari suatu fasilitas atau sistem. Dalam praktiknya value engineering tidak dilakukan hanya untuk penghematan biaya, tetapi juga meningkatan nilai fungsi sistem sehingga didapatkan efisiensi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui alternatif yang dipilih sebagai desain awal dan besar nilai penghematan biaya setelah dilakukan aplikasi value engineering. Proyek pembangunan Grand Sungkono Lagoon The caspian Tower Surabaya pada pekerjaan struktur atas memiliki biaya yang cukup besar, oleh karena itu terdapat potensi untuk dilakukan efisiensi biaya. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan tahapan kerja value engineering meliputi tahap informasi, tahap kreatif, tahap analisis, dan tahap rekomendasi akhir. Hasil tahap informasi value engineering pada proyek pembangunan Grand Sungkono Lagoon The Caspian Tower Surabaya ditemukan biaya kolom, balok, dan pelat pada struktur atas yang paling besar. Pada pekerjaan kolom dan balok memunculkan alternatif yaitu menggunakan metode pracetak fabrication dan siteoff fabrication, dihasilkan penghematan paling efisien pada kolom pracetak metode site-off fabrication sebesar Rp 2.284.471.553,00 atau 12,95% dari desain awal dan pada pekerjaan balok metode site-off fabrication dihasilkan penghematan biaya sebesar Rp 1.242.779.697,00 atau 6,45 % dari desain awal. Pada pekerjaan pelat lantai memunculkan alternatif menggunakan metode pelat half slab dan Hollow Core Slab, dihasilkan penghematan paling efisien pada Hollow Core Slab sebesar Rp 1.239.867.934,00 atau 8,51% dari desain awal. Kemudian besar penghematan terhadap total pekerjaan struktur didapatkan penghemetan sebesar Rp 4.767.119.184,00 atau 2,84 %. Pada gabungan desain alternatif didapatkan desain kolom+balok yang paling efisien dibanding gabungan kolom + balok + pelat dan pelat lantai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45501

Actions (login required)

View Item View Item