Analisis daya dukung dan penurtunan (settlement) pondasi bored pile jembatan kali Rambut dengan menggunakan software allpile pada proyek pembangunan jalan tol Pejagan Pemalang seksi 3-4 / Darma Dana

Dana, Darma (2018) Analisis daya dukung dan penurtunan (settlement) pondasi bored pile jembatan kali Rambut dengan menggunakan software allpile pada proyek pembangunan jalan tol Pejagan Pemalang seksi 3-4 / Darma Dana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Dana, Darma. 2018. Analisis Daya Dukung dan Penurunan (Settlement) Pondasi Bored Pile Jembatan Kali Rambut dengan Menggunakan Software Allpile pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Pejagan Pemalang Seksi 3-4. Skripsi. Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Eko Setyawan, S.T., M.T., (II) Drs. Eko Suwarno, M.Pd. Kata Kunci: Daya Dukung, Settlement, Allpile. Pondasi bored pile merupakan salah satu struktur bawah yang berfungsi untuk menyalurkan beban-beban dari bangunan diatasnya ke lapisan tanah keras dengan letak sangat dalam. Masalah yang sering dijumpai dalam kontruksi secara umum termasuk jembatan adalah terjadinya kegagalan struktur akibat penurunan pondasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil analisis daya dukung dan penurunan (settlement) pondasi bored pile menggunakan software Allpile. Hasil analisis kemudian dibandingkan dengan hasil analisis menggunakan metode analitis, sehingga didapatkan persentase perbedaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yang bersifat kuantitatif. Analisis daya dukung dan penurunan (settlement) pondasi bored pile menggunakan software Allpile. Pada metode analitis, analisis daya dukung menggunakan metode Meyerhoff dan Reese & Wright (1977), sedangkan analisis penurunan (settlement) menggunakan metode Meyerhoff (1976) dan metode Vesic (1977). Hasil analisis daya dukung dan penurunan (settlement) pondasi bored pile dengan menggunakan software Allpile didapatkan daya dukung asksial ijin kelompok tiang (Qpg) pada Abutmen 1 (A1) = 15.342,04 ton, Abutmen 2 (A2) = 14.413,27 ton, Pier 1 (P1) = 25.846,08 ton dan Pier 2 (P2) = 23.568,09 ton. Daya dukung lateral ijin (Hijin) pada A1 = 61,89 ton, A2 = 70,78 ton, P1 = 23,23 ton dan P2 = 23,18 ton. Nilai Defleksi kepala tiang (yt) pada A1 = 17 mm, A2 = 23 mm, P1 = 0,7 mm dan P2 = 1,01 mm. Besar settlement (Spg) pada A1 = 1,47 mm, A2 = 1,52 mm, P1 = 1,54 mm dan P2 = 1,4 mm. Setelah dilakukan efisiensi (pengurangan jumlah tiang), daya dukung aksial ijin kelompok tiang (Qpg) pada A1 = 12.043,98 ton, P1 = 20.307,64 ton dan P2 = 18.517,79 ton. Beban lateral ijin (Hijin) pada A1 = 78,8 ton, P1 = 29,47 ton dan P2 = 29,48 ton. Nilai Defleksi (yt) didapatkan pada A1 = 24,16 mm, P1 = 1,92 mm dan P2 = 2,8 mm. Settlement (Spg) pada A1 = 1,47 mm, A2 = 1,52 mm, P1 = 1,54 mm dan P1 = 1,4 mm. Efisiensi hanya dapat dilakukan pada pondasi A1, P1 dan P2. Perbandingan hasil analisis daya dukung aksial ijin kelompok tiang menggunakan software Allpile dengan metode Meyerhoff didapatkan selisih rata-rata sebesar 20,20 %, Software Allpile dengan metode Reese & Wright (1977) sebesar 20,18 %. Sedangkan perbandingan hasil analisis daya dukung lateral dan nilai defleksi software Allpile dengan metode Broms sebesar 43,64 % dan 54,51 %. Perbandingan hasil analisis settlement kelompok tiang menggunakan software Allpile dengan metode Meyerhoff (1976) didapatkan selisih rata-rata sebesar 90,15 %, Software Allpile dengan metode Vesic (1977) sebesar 93,39 %. Perbedaan dari hasil analisis disebabkan oleh metode perhitungan atau rekayasa pendekatan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45500

Actions (login required)

View Item View Item