Seran, Agustina P.F. (2018) Analisis kinerja ruas jalan raya Singosari Kabupaten Malang / Agustina P.F. Seran. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Seran Agustina P F. 2018. Analisis Kinerja Ruas Jalan Raya Singosari Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pemimbing (I) Drs. H. Sugiyanto S. T. M. T. (II) Pranoto S.T. M.T. Kata kunci kinerja jalan tingkat pelayanan jalan raya singosari Peningkatan volume lalu lintas jika tidak diimbangi dengan kinerja jaringan jalan yang baik akan menyebabkan terjadinya kemacetan. Salah satu titik kemacetan di Kabupaten Malang adalah ruas Jalan Raya Singosari. Penelitian lebih lanjut untuk mengetahui kinerja jalan tersebut diperlukan untuk mengetahui bagaimana kinerja jalan tersebut saat ini. Salah satunya dengan penilaian tingkat pelayanan jalan. Dengan mengetahui tingkat pelayanan jalan saat ini dapat ditentukan penanganan yang tepat untuk meningkatkan kinerja jalan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui karakteristik lalu lintas Jalan Raya Singosari (2) Mengetahui kinerja ruas Jalan Raya Singosari (3) Mengetahui kinerja ruas Jalan Raya Singosari setelah diterapkan alternatif penanganan masalah lalu lintas yang terjadi. Metode dalam penelitian ini dilakukan dengan survei geometri jalan survei volume kendaraan survei kecepatan kendaraan dan survei hambatan samping. Analisis data menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997. Penelitian dilakukan pada hari Minggu Senin dan Selasa pukul 06.00-22.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Karakteristik lalu lintas pada ruas Jalan Raya Singosari arah Lawang volume kendaraan tertinggi sebesar 2561 8 smp/jam pada pukul 16.30 17.30 kecepatan rata-rata 26 31 km/jam dan kepadatan rata-rata 155 99 smp/km. Sedangkan untuk arah Malang volume kendaraan tertinggi sebesar 2455 4 smp/jam pada pukul 16.00 -17.00 kecepatan rata-rata 29 34 km/jam dan kepadatan rata-rata 132 35 smp/km. (2) Tingkat pelayanan rata-rata pada ruas Jalan Raya Singosari berada di rentang D dan E dengan tingkat pelayanan pada jam puncak adalah F. (3) Dengan alternatif pelebaran jalan dalam bentuk penambahan 1 lajur tingkat pelayanan menjadi lebih baik di kelas C. Sedangkan dengan alternatif penerapan jalan tanpa hambatan samping tingkat pelayanan menjadi lebih baik di kelas C dan D.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Dec 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/45499 |
Actions (login required)
View Item |