Analisis porositas tanah terhadap laju infiltrasi di Universitas Negeri Malang / Setiawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis porositas tanah terhadap laju infiltrasi di Universitas Negeri Malang / Setiawati

Setiawati (2018) Analisis porositas tanah terhadap laju infiltrasi di Universitas Negeri Malang / Setiawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Setiawati. 2018. Analisis Porositas Tanah Terhadap Laju Infiltrasi di Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ir. I Wayan Jirna M.T. (II) Drs. Pribadi S.T. M.T. Kata Kunci porositas laju infiltrasi. Universitas Negeri Malang merupakan lembaga pendidikan yang memiliki jumlah pelajar yang terus meningkat setiap tahunnya sehingga menimbulkan pembukaan lahan yang luas untuk pembangunan fasilitas. Perubahan tata guna lahan ini mengakibatkan berkurangnya resapan air hujan ke dalam tanah hal ini dapat menyebabkan meningkatnya limpasan permukaan yang berpotensi terjadi genangan. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian tentang hubungan porositas tanah terhadap laju infiltrasi yang dapat dimanfaatkan sebagai acuan dalam meningkatkan efisiensi pada perencanaan tata guna lahan di Universitas Negeri Malang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui besarnya porositas tanah pada masing-masing lokasi studi (2) mengetahui laju infiltrasi yang terjadi pada masing-masing lokasi studi (3) mengetahui pengaruh porositas tanah terhadap laju infiltrasi pada daerah studi. Rancangan penelitian ini adalah penelitian deskriptif eksperimental. Penelitian ini dilakukan pada lima lokasi yang tersebar di Universitas Negeri Malang yaitu Fakultas Sastra Fakultas Ekonomi Fakultas Ilmu Pendidikan Fakultas Pendidikan Psikologi dan Fakultas MIPA. Data yang digunakan yaitu data primer yang berupa hasil pengukuran laju infiltrasi dengan menggunakan alat Turf Tec Infiltrometer serta data hasil pengujian sifat fisik tanah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) nilai porositas tanah terbesar yaitu 55 987% berada pada lokasi Fakultas Ekonomi sedangkan nilai porositas tanah terkecil yaitu 43 555% berada pada lokasi Fakultas Pendidikan Psikologi (2) Nilai rerata laju infiltrasi awal (f0) dan laju infiltrasi konstan (fc) dari kelima lokasi sebesar 29 00 mm/menit dan 6 20 mm/menit. Kapasitas infiltrasi terbesar berada pada Fakultas Ekonomi dan kapasitas infiltrasi terkecil berada pada Fakultas MIPA (3) analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa besarnya nilai porositas tanah mempengaruhi besarnya laju infiltrasi. Sebesar 61 79% laju infiltrasi dipengaruhi oleh porositas tanah dan lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lain seperti kadar air dan kondisi permukaan lahan. Untuk penelitian selanjutnya disarankan memakai alat infiltrometer dengan diameter yang lebih besar agar tidak ada pengaruh gaya hidrostatis serta mengukur laju infiltrasi tiap lapisan tanah dan dengan menambah variasi data seperti kepadatan tanah kemiringan lahan dan lainnya agar mendapatkan hasil analisa yang lebih akurat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45495

Actions (login required)

View Item View Item