Pengaruh manajemen sumber daya manusia terhadap keterlambatan proyek konstruksi / Dimas Ragil Jalu Wisang Jiwo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh manajemen sumber daya manusia terhadap keterlambatan proyek konstruksi / Dimas Ragil Jalu Wisang Jiwo

Jiwo, Dimas Ragil Jalu Wisang (2018) Pengaruh manajemen sumber daya manusia terhadap keterlambatan proyek konstruksi / Dimas Ragil Jalu Wisang Jiwo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Jiwo Dimas Ragil Jalu Wisang. 2018. Pengaruh Manajemen Sumber Daya Manusia Terhadap Keterlambatan Proyek Konstruksi. Skripsi Jurusan S1 Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Made Wena M.Pd. M.T (II) Drs. Ir. H. Sudomo MMT Kata Kunci Manajemen Sumber Daya Manusia dan Keterlambatan Proyek Konstruksi Keterlambatan proyek (Construction delay) diartikan sebagai penundaan penyelesaian pekerjaan sesuai kontrak kerja dimana secara hukum melibatkan beberapa situasi yang menyebabkan timbulnya klaim. Keterlambatan proyek timbul ketika kontraktor tidak dapat menyelesaikan proyek sesuai dengan waktu yang tercantum dalam kontrak. Waktu kontrak (Contract time) merupakan maksimum waktu yang di perlukan oleh kontraktor untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan dokumen kontrak. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh manajemen sumber daya manusia yaitu variabel penempatan tenaga kerja tanggung jawab saat bekerja dan koordinasi pemimpin (mandor atau pemimpin tukang) kepada anggotanya terhadap keterlambatan penyelesaian proyek konstruksi. 2) Untuk mengetahui diantara variabel penempatan tenaga kerja tanggung jawab saat bekerja dan koordinasi pemimpin (mandor atau pemimpin tukang) kepada anggotanya yang memiliki pengaruh dominan terhadap keterlambatan penyelesaian proyek konstruksi. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kontraktor kelas menengah di Kota Malang yaitu sebanyak 34 kontraktor dan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi berganda. Dari hasil penelitian dan pembahasan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut 1) Hasil analisis dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh manajemen sumber daya manusia yaitu variabel penempatan tenaga kerja tanggung jawab saat bekerja dan koordinasi pemimpin (mandor atau pemimpin tukang) kepada anggotanya terhadap keterlambatan penyelesaian proyek konstruksi. Berdasarkan hasil koefisien regresi masing-masing variabel maka dapat diketahui bahwa variabel penempatan tenaga kerja lebih besar dibandingkan dengan variabel yang lain sehingga menentukan tejadinya keterlambatan penyelesaian proyek konstruksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45483

Actions (login required)

View Item View Item