Kajian eksperimental pada aspal porus dengan bahan tembahan plastik LDPE (Low Density Poly Ethilene) / Visyhandini Khosyidhiah

Khosyidhiah, Visyhandini (2018) Kajian eksperimental pada aspal porus dengan bahan tembahan plastik LDPE (Low Density Poly Ethilene) / Visyhandini Khosyidhiah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khosyidhiah, Visyhandini. 2018. Kajian Eksperimental pada Aspal Porus dengan Bahan Tambahan Plastik Low Density Poly Ethilene (LDPE). Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Boedi Rahardjo, M. Pd., M.T. (II) Pranoto, S.T., M.T. Kata kunci: aspal porus, plastik LDPE, parameter Marshall, Cantabro Loss, permeabilitas, Binder Drain Down. Aspal porus merupakan jenis perkerasan yang memiliki rongga lebih besar dari perkerasan pada umumnya yang dapat mengalirkan air dari permukaan perkerasan ke dalam tanah, sehingga kerusakan jalan akibat air hujan dapat diminamilisir. Rongga yang besar mengakibatkan aspal porus memiliki stabilitas yang rendah. Untuk meningkatkan nilai stabilitas, ditambahkan plastik LDPE karena mempunyai sifat yang sama dengan aspal, yaitu termoplastik yang akan meleleh jika dipanaskan dan mengeras jika didinginkan. Diharapkan pada penelitian ini selain dapat meningkatkan nilai stabilitas, penggunaan plastik LDPE sebagai bahan tambahan campuran aspal porus juga dapat mengurangi limbah plastik. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan karakteristik bahan yang digunakan untuk campuran aspal porus, (2) mendeskripsikan pengaruh penambahan plastik LDPE dalam campuran aspal porus ditinjau dari paramater marshall, cantabro loss, permeabilitas dan binder drain down. Tahapan dari metode penelitian yang dilaksanakan yaitu pemeriksaan bahan-bahan yang akan digunakan meliputi agregat, filler, aspal, dan plastik LPDE, kemudian pembuatan benda uji dengan kadar aspal 4%, 4,5%, 5%, 5,5%, dan 6% yang kemudian diuji marshall untuk mendapatkan kadar aspal optimum (KAO), setelah nilai KAO didapatkan, selanjutnya dilakukan pembuatan benda uji dengan KAO dan penambahan LDPE dengan kadar 0%, 5%, 10%, 15%, dan 20% yang kemudian diuji marshall, permeabilitas, cantabro loss, dan binder drain down. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Karakteristik bahan penyusun campuran aspal porus yang meliputi agregat, filler, dan aspal telah memenuhi standar RSNI 2 Tahun 2012. (2) Penambahan plastik LDPE dapat meningkatkan nilai stabilitas dan flow, namun dapat menurunkan nilai VIM. Nilai stabilitas tertinggi pada kadar plastik LDPE 20% sebesar 602 kg. Nilai cantabro loss terbaik pada kadar plastik LDPE 20% sebesar 15,01%. Sedangkan nilai permeabilitas mengalami penurunan, nilai terendah terdapat pada campuran aspal porus dengan kadar plastik LDPE 20% sebesar 0,026 cm/det. Nilai binder drain down mengalami penurunan, nilai terendah terdapat pada kadar plastik LDPE 20% yaitu 0,023%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45478

Actions (login required)

View Item View Item