Prabowo, Hardiani Veta (2018) Kajian eksperimental aspal porus menggunakan asbuton LGA (Lawele Granular Asphalt) sebagai bahan subtutusi aspal penetrasi 60/70 pada lapis permukaan jalan / Hardiani Veta Prabowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
iv RINGKASAN Prabowo Hardiani Veta 2018. Kajian Eksperimental Aspal Porus Menggunakan Asbuton LGA (Lawele Granular Asphalt) sebagai Bahan Substitusi Aspal Penetrasi 60/70 pada Lapis Permukaan Jalan. Skipsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Boedi Rahardjo M.Pd. M.T. (II) Drs. H. Sugiyanto S.T. M.T. Kata kunci Aspal Porus Asbuton LGA Substitusi Aspal Lapis Permukaan Jalan Salah satu fungsi dari lapis permukaan adalah sebagai lapis penahan beban roda. Adanya peningkatan muatan repetisi beban lalu lintas aliran air dari hujan maupun dari sistem drainase jalan yang tidak baik serta pengaruh suhu udara dan curah hujan tinggi merupakan faktor penyebab kerusakan pada konstruksi perkerasan jalan. Menggunakan campuran aspal porus merupakan solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan pada lapis permukaan jalan yang didesain memiliki porositas yang relatif lebih tinggi dibandingkan jenis perkerasan lain. Namun aspal porus memiliki durabilitas rendah sehingga nilai stabilitasnya menurun. Kelemahan aspal porus ini dapat diminimalisir dengan menambahkan asbuton LGA sebagai bahan campuran untuk meningkatkan mutu aspal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik bahan penyusun campuran aspal porus dan pengaruh penambahan asbuton LGA sebagai substitusi aspal penetrasi 60/70 dalam campuran aspal porus ditinjau dari parameter marshall (Stabilitas Flow dan VIM) Cantabro Loss Permeabilitas dan Binder Drain Down pada campuran aspal porus. Metode penelitian dimulai dengan melakukan pengujian bahan penyusun perkerasan yaitu pengujian agregat kasar agregat halus filler dan pengujian aspal. Kemudian melakukan pembuatan benda uji marshall untuk menentukan KAO dengan kadar aspal 4% 4 5% 5% 5 5% dan 6% menggunakan alat Marshall sehingga diketahui nilai stabilitas flow dan VIM. Selanjutnya KAO tersebut diberi substitusi LGA dengan kadar 0% 5% 10% 15% dan 20% dari berat total KAO. Pengujian pada penelitian ini mengacu pada RSNI 2 (Pedoman Bahan Konstruksi Bangunan dan Rekayasa Sipil) Perancangan dan Pelaksanaan Campuran Aspal Porus tahun 2012. Hasil pada penelitian ini menunjukkan (1) karakteristik bahan penyusun campuran aspal porus yang terdiri dari agregat kasar agregat halus filler aspal pen 60/70 dan LGA memenuhi standar RSNI 2 (Pedoman Bahan Konstruksi Bangunan dan Rekayasa Sipil) Perancangan dan Pelaksanaan Campuran Aspal Porus dengan KAO sebesar 5 25% (2) pengaruh penambahan asbuton LGA sebagai substitusi aspal penetrasi 60/70 dalam campuran aspal porus mampu meningkatkan nilai stabilitas marshall dan flow. Namun penambahan LGA dapat menutupi pori di dalam campuran sehingga nilai VIM berkurang dan campuran menjadi lebih padat akibatnya nilai koefisien permeabilitas menurun. Semakin bertambahnya kadar LGA diiringi dengan kandungan aspal yang semakin banyak sehingga ikatan campuran menjadi lebih baik dan ketahanan benda uji bertambah terlihat dari nilai cantabro loss menurun namun nilai drain down semakin meningkat. Diperoleh nilai kadar penambahan LGA optimum 15% dengan rerata nilai stabilitas 494 39kg flow 2 06mm dan VIM 18 58% cantabro loss 18% permeabilitas 5 05 x10-2cm/s dan binder drain down 0 051%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Aug 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/45471 |
Actions (login required)
View Item |