Faktor-faktor penyebab terjadinya keterlambatan proyek di Kota Malang (Studi kasus proyek gedung pastoral care Jl. Ijen Malang) / Mohammad Dicky Kurniawan

Kurniawan, Mohammad Dicky (2018) Faktor-faktor penyebab terjadinya keterlambatan proyek di Kota Malang (Studi kasus proyek gedung pastoral care Jl. Ijen Malang) / Mohammad Dicky Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Dicky k., Mohammad. 2018. Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Keterlambatan Proyek Di Kota Malang(Study Kasus Proyek Gereja Pastoral Care JL. Ijen Malang) . Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Drs. N. Bambang Revantoro, S.T., M.T. (II) Drs. Ir. H. Sudomo, MMT. Kata Kunci: Analisis faktor, keterlambatan, pelaksanaan proyek. Di negara berkembang sekarang ini pembangunan di berbagai bidang khususnya di bidang konstruksi sedang giat dilaksanakan. Dalam pelaksanaannya, proyek sering terjadi kendala yang tidak diinginkan. Salah satu kendala yang terjadi adalah kendala waktu yaitu keterlambatan. Dalam perencanaan kerja sering kali timbul masalah operasional yang menghambat aktifitas penyelesaian suatu proyek seperti kurangnya sumber daya, alokasi sumber daya yang tidak tepat, keterlambatan pelaksanaan proyek dan masalah lainnya diluar jadwal rencana kerja. Kenyataan dilapangan pelaksanaan pekerjaan proyek fisik selalu mendapatkan kendala, baik kendala yang sudah diperhitungkan, maupun yang di luar perhitungan perencana. Berdasarkan kasus tersebut, maka penelitian ini difokuskan guna mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebab keterlambatan pekerjaan proyek kontruksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan keterlambatan, peringkat dari faktorfaktor penyebab keterlambatan, dan faktor utama yang paling berpengaruh dominan terhadap keterlambatan pelaksanaan proyek kontruksi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan melakukan studi kasus pada proyek pembangunan Gereja Pastoral Care Ijen Malang. Analisis yang digunakan yaitu analisis faktor dengan program SPSS For Windows 20.0. Dari hasil analisis didapatkan 3 faktor keterlambatan yaitu faktor material, faktor biaya, faktor waktu. Peringkat dari 3 faktor tersebut adalah faktor waktu dengan nilai loading sebesar 0.869 atau 86,9%, faktor biaya dengan nilai loading sebesar 0.850 atau 85 %, faktor material dengan nilai loading sebesar 0.651 atau 65,1%.Berdasarkan data diatas bisa dilihat bahwa faktor waktu berada di urutan pertama atau urutan yang paling dominan diantara tiga faktor tersebut. Penulis menyarankan kepada peneliti selanjutnya, sebaiknya mencari pengaruh faktor eksternal maupun tenaga kerja terhadap keterlambatan pada satu item pekerjaan dan dalam penelitian ini disebutkan adanya faktor kepadatan tenaga kerja, biaya dan material. Maka dari itu penelitian selanjutnya akan lebih baik apabila mencari hubungan atau pengaruh antara keterlambatan, luas bangunan, dan jumlah tenaga kerja serta masalah dari luar proyek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45453

Actions (login required)

View Item View Item