Kajian peningkatan kapasitas desak kolom bulat menggunakan metode jacketing mortar dengan bahan tambah (admixture) / Latifah

Latifah (2018) Kajian peningkatan kapasitas desak kolom bulat menggunakan metode jacketing mortar dengan bahan tambah (admixture) / Latifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Latifah.2018. Kajian Peningkatan Kapasitas Desak Kolom Bulat menggunakan Metode Jacketing-Mortar dengan Bahan Tambah.Skripsi. Program Studi S1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Boedya Djatmika, S.T., M.T., (2) Dr. Nindyawati, S.T., M.T. Kata Kunci: Perkuatan Beton, Kapasitas Desak, mortar-jacketing?©Jaringan Kawat, Kuat Tekan, Kerusakan bangunan diakibatkan oleh beberapa faktor yaitu faktor manusia, faktor alam dan faktor bencana. Di Indonesia resiko bencana yang menyebabkan kerusakan bangunan adalah gempa bumi. Kerusakan bangunan yang terjadi akibat gempa bumi biasanya dikarenakan kurangnya kapasitas kolom, kurangnya pengekangan pada kolom dan mutu beton terlalu rendah. Kerusakan bangunan yang berkategori ringan seperti retak perlu dilakukan perkuatan. Mortar-jacketing adalah salah satu sistem perkuatan beton dengan cara menyelimuti beton dengan mortar tambahan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui besar peningkatan kuat tekan beton dengan menggunakan perkuatan mortar-jacketing. Perkuatan mortar-jacketing dilakukan dengan menggunakan jaringan kawat dan tanpa menggunakan jaringan kawat. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan benda uji sebanyak 27 buah. Beton silinder yang digunakan berukuran 11 cm x 22 cm sebagai variabel kontrol. Mutu rencana beton sebesar 16,9 MPa. Silinder Beton diberi perkuatan mortar-jacketing setebal 2 cm pada sekelilingnya. Variasi yang digunakan adalah komposisi campuran mortar perbandingan PC : pasir berturut-turut 1:1, 1:2, 1:3 dan 1:4. Pengujian kuat tekan dilakukan pada umur perkuatan 28 hari. Hasil kuat tekan dibandingkan dengan kuat tekan beton kontrol untuk diketahui nilai peningkatan kapasitas beton perkuatan. Analisa data menggunakan analisa varian One Way (ANOVA) dengan uji lanjut Post Hoc Tukey. Hasil penelitian adalah sebagai berikut; (1) nilai kuat tekan silinder beton variabel kontrol sebesar 16,53 MPa; (2) kuat tekan beton perkuatan mortar jacketing tanpa jaringan kawat pada komposisi campuran mortar dengan perbandingan PC : pasir yang berturut-turut 1:1, 1:2, 1:3, dan 1:4 adalah 21,67 MPa, 21,41 MPa, 19,38 MPa dan 17,65 MPa; (3) kuat tekan beton perkuatan mortar jacketing jaringan kawat pada komposisi campuran mortar dengan perbandingan PC : pasir yang berturut-turut 1:1, 1:2, 1:3, dan 1:4 26,46 MPa, 21,67 MPa, 21,49 MPa dan 17,57 MPa. (4) ada perbedaan kuat tekan beton perkuatan mortar jacketing tanpa jaringan kawat dengan komposisi campuran mortar yang bervariasi; (5) ada perbedaan kuat tekan beton perkuatan mortar jacketing jaringan kawat dengan komposisi campuran mortar yang bervariasi; (6) campuran mortar PC : pasir 1:1 menghasilkan kuat tekan optimum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45441

Actions (login required)

View Item View Item