Penentuan Panjang Efektif Profil Baja Ringan (Canai Dingin) Terhadap Gaya Tekan / Yuni Ragil Pujiyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penentuan Panjang Efektif Profil Baja Ringan (Canai Dingin) Terhadap Gaya Tekan / Yuni Ragil Pujiyanti

Pujiyanti, Yuni Ragil (2018) Penentuan Panjang Efektif Profil Baja Ringan (Canai Dingin) Terhadap Gaya Tekan / Yuni Ragil Pujiyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Pujiyanti Yuni R. 2018. Penentuan Panjang Efektif Profil Baja Ringan (Canai Dingin) Terhadap Gaya Tekan. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Ir. Edi Santoso M.T (II) Drs. Adjib Karjanto S.T. M.T. Kata Kunci Baja Ringan Panjang Efektif Gaya Tekan Baja ringan merupakan salah satu material bahan bangunan yang banyak digunakan karena proses pembuatannya yang mudah serta bahannya yang ringan dan tipis. Profil yang banyak tersedia adalah C Hat dan Z Section. Pengaruh bentuk geometri penampang baja ringan sangat besar terhadap perilaku dan kekuatannya. Keruntuhan pada baja ringan erat kaitannya dengan keruntuhan pada rangka atap yang saat ini banyak menggunakan material baja ringan. Rangka atap secara teoritis menerima gaya tekan dan tarik ketika menerima beban gravitasi namun ketika menerima beban gempa semua gaya yang diterima adalah gaya tekan sedangkan batang yang menerima gaya tekan sangat rentan terhadap tekuk. Tekuk adalah salah satu penyebab instabilitas pada baja ringan yang dapat menyebabkan keruntuhan. Perilaku tekuk dapat ditinjau dari beberapa faktor diantaranya bentuk profil lebar tebal dan panjang profil. Ditinjau dari panjang profil semakin panjang profil maka kapasitas tekan yang dimiliki oleh baja ringan juga semakin berkurang sedangkan kemungkinan tekuk yang akan terjdi semakin besar. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan panjang efektif profil baja ringan terhadap gaya tekan. Penelitian ini dilakukan dengan analisis program menggunakan Abaqus V.6.14 dan uji laboratorium. Penelitian ini menggunakan profil C 75.75 Hat 32.45 dan Z 77.75 karena ketiga profil tersebut banyak digunakan pada sistem rangka batang. Pengujian dilakukan pada batang tunggal baja ringan kategori batang panjang dan gaya yang diberikan merupakan beban sentris. Analisis dilakukan terbatas pada penampang tanpa sambungan dan menggunakan tumpuan sendi-sendi. Hasil uji analisis program berupa panjang efektif profil baja ringan yang ditinjau dari deformasi axial dan deformasi lateral yang paling kecil. Serta ditinjau beban kritis dan pola keruntuhan tekuk yang terjadi. Hasil panjang efektif untuk profil C Hat dan Z section berturut-turut adalah 1400 mm 1100 mm dan 1400 mm. Beban tekan maksimal profil C sebesar 3 8 kN. Hasil ini 4 7 % lebih kecil dari perhitungan teori beban kritis. Untuk profil Hat beban tekan maksimal sebesar 2 0 kN. Hasil ini lebih besar 14 2 % dari perhitungan teori beban kritis. Untuk Untuk profil Z beban tekan maksimal sebesar 4 2 kN. Hasil ini lebih besar 11 1 % dari perhitungan teori beban kritis. Deformasi axial maksimal yang terjadi pada profil C Hat dan Z Section berturut-turut adalah 0 149 mm 0 760 mm dan 0 740 mm. Sedangkan deformasi lateral maksimal yang terjadi pada profil C Hat dan Z Section berturut-turut adalah 1 107 mm 1 770 mm dan 1 160 mm. Pola kerutuhan yang terjadi pada ketiga profil adalah tekuk lentur torsional. Profil C Section merupakan profil yang paling stabil dan dapat diprediksi dengan akurat kekuatan dan perilakunya terhadap beban tekan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45439

Actions (login required)

View Item View Item