Uji geser balok bambu laminasi dengan variasi panjang potongan pada bagian tekan / Olivia Prastika Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Uji geser balok bambu laminasi dengan variasi panjang potongan pada bagian tekan / Olivia Prastika Putri

Putri, Olivia Prastika (2018) Uji geser balok bambu laminasi dengan variasi panjang potongan pada bagian tekan / Olivia Prastika Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Putri Olivia Prastika. 2018. Uji Geser Balok Bambu Laminasi dengan Variasi Panjang Potongan Pada bagian Tekan. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Karyadi M.P. M.T. (II) Drs. Prijono Bagus Susanto S.T. M.T. Kata Kunci Kekuatan Balok Bambu Petung Laminasi Limbah bambu reject Panjang potongan pada bagian tekan Beban transversal Bambu petung laminasi merupakan salah satu material alternatif yang dapat menggantikan fungsi kayu dari segi fisik mekanik maupun kuantitasnya dibidang konstruksi bangunan. Munculnya material alternatif tersebut disebabkan terjadinya penurunan ketersediaan kayu di Dunia terutama di Indonesia. Namun dalam proses pembuatan bambu laminasi kerap dihasilkan limbah bilah bambu reject akibat proses penggergajian. Berdasarkan kondisi tersebut peneliti bereksperimen terkait pemanfaatan limbah bambu reject sebagai material penyusun balok bambu laminasi yang berupa potongan-potongan pada bagian tekan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh panjang potongan pada bagian tekan balok bambu laminasi terhadap kekuatannya dan lendutan yang terjadi ketika diberi beban transversal. Selain itu penelitian ini dilakukan untuk mengefisiensi bahan pembuatan balok bambu laminasi dan memanfaatkan limbah bambu. Penelitian ini menggunakan bilah bambu petung dengan arah tangensial yang sudah melewati proses pengawetan menggunakan boraks (Na2B4O2) dan asam borat (H3BO3) dengan konsentrasi 1%. Bilah bambu direkatkan dengan menggunakan jenis perekat UF (Urea Formaldehyde) sebanyak 268 gram/m2 dan diberi tekanan kempa 2 MPa hingga menghasilkan balok bambu laminasi dengan dimensi 80 x 120 x 1160 mm. Pengujian balok dilakukan menggunakan metode four point bending dengan pembebanan pada sepertiga bentang. Balok ditumpu oleh dua tumpuan yaitu sendi dan roll. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa balok laminasi dengan variasi panjang potongan pada bagian tekan terbukti tidak berpengaruh signifikan terhadap kekuatan balok dalam menahan beban transversal. Selain itu balok laminasi bambu petung dengan kadar air 12 34% dan berat jenis 0 63 menghasilkan sifat mekanika meliputi rerata kekuatan tegangan geser modulus elastisitas dan kekakuan lentur (EI) berturut-turut 44 3 kg/cm2 118.101 12 kg/cm2 dan 166.861.156 62 kg.cm2. Sedangkan Serviceability balok mencapai 33.79% dari maximum load.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45438

Actions (login required)

View Item View Item