Penebalan Dinding Samping Sebagai Upaya Perkuatan Balok Hollow Terhadap Gaya Transversal Tipe Kerusakan Geser / Elvan Wahyu Arlian Basuki

Basuki, Elvan Wahyu Arlian (2018) Penebalan Dinding Samping Sebagai Upaya Perkuatan Balok Hollow Terhadap Gaya Transversal Tipe Kerusakan Geser / Elvan Wahyu Arlian Basuki. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Basuki, Elvan Wahyu Arlian. 2018. Penebalan Dinding Samping Sebagai Upaya Perkuatan Balok Hollow Terhadap Gaya Transversal Tipe Kerusakan Geser . Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Karyadi, M.P., M.T., (II) Drs. Prijono Bagus Susanto, S.T., M.T. Kata Kunci: Kekuatan Geser, Kekuatan Lentur, Balok Hollow, Beban transversal Balok hollow mempunyai kekuatan lentur yang lebih tinggi dibandingkan dengan balok masif, akan tetapi balok hollow mempunyai kekuatan geser yang lebih rendah dibanding balok masif dengan menggunakan jumlah material yang sama. Penelitian ini bermaksud untuk menemukan cara memperkuat kekuatan geser balok hollow yang terbuat dari bambu petung laminasi terhadap beban transversal. Metode yang digunakan untuk memperkuat kekuatan geser balok hollow adalah menambah tebal dinding samping pada daerah geser balok. Hasil dari penelitian ini didapatkan kekuatan geser meningkat sebesar 64,5%, 89,7% dan 141,3 % berturut-turut pada penambahan tebal dinding samping 1 cm, 2 cm dan 2,8 cm. Balok yang terbuat dari bambu laminasi mempunyai tegangan geser rata-rata sebesar 74,31 kg/cm2 yang didapat ketika balok rusak dan rata-rata modulus elastisitas lentur mencapai 123640 kg/cm2. Balok mempunyai beban layan sebesar 39,11 % dari beban optimum untuk balok terlindung dan 29,21 dari beban optimum untuk balok tak terlindung. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan dengan penambahan tebal dinding samping pada area geser balok sangat efektif dan efisien untuk meningkatkan kekuatan geser balok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45436

Actions (login required)

View Item View Item