Perbandingan produktivitas pekerjaan lean concrete menggunakan Alat Berat Wirtgen SP 500 dan tenaga manusia di Proyek Jalan Tol Gempol-Pasuruan / Dhaniar Ariska Mangasai

Mangasai, Dhaniar Ariska (2018) Perbandingan produktivitas pekerjaan lean concrete menggunakan Alat Berat Wirtgen SP 500 dan tenaga manusia di Proyek Jalan Tol Gempol-Pasuruan / Dhaniar Ariska Mangasai. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Mangasai, Dhaniar Ariska. 2018. Perbandingan Produktivitas Pekerjaan Lean Concrete menggunakan Alat Berat Wirtgen SP 500 dan Tenaga Manusia di Proyek Jalan Tol Gempol-Pasuruan. Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Bambang Djatmiko, S.T., M.T., (II) Drs. N. Bambang Revantoro, S.T., M.T. Kata Kunci: produktivitas, lean concrete, alat berat, tenaga manusia. Produktivitas pekerjaan dalam suatu proyek dapat mempengaruhi jalannya proyek tersebut. Peningkatan produktivitas akan mengurangi waktu pekerjaan, dan mereduksi biaya pekerjaan tersebut. Sehingga diperoleh suatu harga satuan biaya minimum untuk mendapatkan harga yang baik untuk pelelangan maupun pelaksanaan. Maka pengendalian dan peningkatan produktivitas pekerjaan konstruksi pada setiap proyek konstruksi menjadi sangat perlu untuk menghasilkan suatu produk konstruksi yang sesuai dengan hasil yang direncanakan baik dari segi biaya, mutu, dan waktu pelaksanaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai dan perbedaan produktivitas biaya, waktu, dan mutu yang paling baik dan efektif antara menggunakan alat berat Wirtgen SP 500 dengan menggunakan tenaga manusia pada pekerjaan LC (Lean Concrete) pada proyek jalan tol Gempol-Pasuruan. Sehingga nantinya setelah dilakukan penelitian akan diperoleh hasil yang lebih efektif yang dapat membantu pengerjaan proyek jalan tol tersebut agar selesai dapat tepat waktu dengan biaya yang lebih efisien dan mutu yang baik. Tahap penelitian ini dilakukan dengan observasi lapangan dan studi literatur mengenai biaya, mutu, dan waktu pekerjaan LC menggunakan alat berat Wirtgen SP 500 dan tenaga manusia. Hasil penelitian tersebut kemudian dianalisis menggunakan bantuan software Microsoft Excel 2007 dan SPSS 16 untuk mengetahui nilai dan perbedaan produktivitas pekerjaan LC dari kedua metode pekerjaan tersebut yang ditinjau dari variabel biaya, mutu, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara biaya pekerjaan LC menggunakan alat berat Wirtgen SP 500 dengan tenaga manusia dengan hasil biaya pekerjaan LC menggunakan alat berat Wirtgen SP 500 lebih mahal Rp 434.899,03 dari tenaga manusia. Sedangkan ditinjau dari variabel mutu, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara mutu beton pekerjaan LC menggunakan alat berat Wirtgen SP 500 dengan tenaga manusia dan termasuk dalam mutu rendah dengan fcÔÇÖ 10-15 Mpa dan K125-K175. Ditinjau dari variabel waktu menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara waktu pekerjaan LC menggunakan alat berat Wirtgen SP 500 dengan tenaga manusia dengan hasil waktu pekerjaan LC menggunakan alat berat Wirtgen SP 500 lebih cepat 12 menit daripada menggunakan tenaga manusia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45434

Actions (login required)

View Item View Item