Karakteristik beton menggunakan Portland Composite Cement (PCC) dengan penambahan abu terbang / Arizal Akbar - Repositori Universitas Negeri Malang

Karakteristik beton menggunakan Portland Composite Cement (PCC) dengan penambahan abu terbang / Arizal Akbar

Akbar, Arizal (2018) Karakteristik beton menggunakan Portland Composite Cement (PCC) dengan penambahan abu terbang / Arizal Akbar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Akbar Arizal. 2018. Karakteristik Beton Menggunakan Portland Composite Cement (PCC) Dengan Penambahan Abu Terbang (Fly Ash). Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. Boedya Djatmika S.T. M.T. (II) Dr. Nindyawati S.T. M.T. Kata Kunci Beton semen PCC fly ash sifat fisik sifat mekanik. Beton merupakan material (bahan bangunan) yang banyak digunakan dalam konstruksi bangunan. PCC merupakan jenis variasi semen baru yang komposisi bahan bakunya. PCC memiliki karakter yang mirip bahkan lebih baik bila dibandingkan dengan PC. Fly Ash itu sendiri adalah sisa pembakaran batu bara berupa butiran halus ringan bundar dan bersifat pozzolanic. Penambahan abu terbang atau fly ash ini pada PCC bersifat pozzolan sehingga bisa menjadi bahan tambah mineral yang baik untuk beton. Penelitian ini bertujuan Mengetahui perbedaan sifat fisik dan mekanik beton yang menggunakan semen PCC dengan campuran abu terbang (fly ash) 0% 10% 20% 30% 40% dan 50 % selama 28 hari. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif eksperimental yaitu dengan melakukan penelitian yang merujuk pada perbandingan sifat fisik dan mekanik dengan campuran abu terbang (fly ash) 0% 10% 20% 30% 40% dan 50 % pada beton f c 30 MPa. Pengujian sifat fisik dan mekanik dilakukan ketika umur beton mencapai 28 hari dengan jumlah 5 benda uji pada setiap fariasi pengujian. Dari hasil pengujian sifat fisik didapatkan porositas beton paling tinggi pada campuran fly ash 50% sebesar 0 338 % dan terendah pada campuran 10% sebesar 0 235%. Pengujian Berat isi didapat hasil paling tinggi dengan campuran fly ash 0% sebesar 2 276 gr/cm3 dan 2 174 gr/cm3. Dari hasil pengujian sifat mekanik didapatkan nilai optimum Kuat Tekan Beton pada campuran fly ash 10% sebesar 33 82 MPa. Nilai Kuat Tarik Belah optimum pada campuran fly ash 10% sebesar 5 945 MPa dan nilai Modulus Elastisitas terbesar pada campuran 10% sebesar 30183 81 MPa. Sedangkan hubungan antara prosentase campuran fly ash dan nilai sifat fisik mekanik adalah semakin banyak campuran fly ash maka sifat fisik dan mekanik akan menurun serta begitu sebaliknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45432

Actions (login required)

View Item View Item