Model Bangkitan Perjalanan Pengguna Kendaraan pada Kawasan Perumahan di Pinggiran Kota Kediri, Studi Kasus: Perumahan Permata Hijau / Badik Agus Salim - Repositori Universitas Negeri Malang

Model Bangkitan Perjalanan Pengguna Kendaraan pada Kawasan Perumahan di Pinggiran Kota Kediri, Studi Kasus: Perumahan Permata Hijau / Badik Agus Salim

Salim, Badik Agus (2018) Model Bangkitan Perjalanan Pengguna Kendaraan pada Kawasan Perumahan di Pinggiran Kota Kediri, Studi Kasus: Perumahan Permata Hijau / Badik Agus Salim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Salim Badik Agus. 2018. Model Bangkitan Perjalanan Pengguna Kendaraan pada Kawasan Perumahan di Pinggiran Kota Kediri Studi Kasus Perumahan Permata Hijau. S1Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Sugiyanto S.T. M.T. (II) Dr. Tri Kuncoro S.T. M.Pd. Kata Kunci model bangkitan perjalanan pengguna kendaraan perumahan Meningkatnya kepadatan kawasan perumahan di pusat kota Kediri membuat masyarakat memilih tempat tinggal di kawasan pinggran kota salah satunya adalah Perumahan Permata Hijau. Permata Hijau dipilih menjadi objek penelitian model bangkitan perjalanan berbasis rumah (home based trip) karena pada kawasan tersebut terdapat kelompok perumahan dan baru diresmikannya Rumah Sakit Gambiran 2 yang mengakibatkan meningkatnya kepadatan arus volume lalu lintas pada kawasan sekitar karena jalan raya di depan perumahan merupakan jalan lintas kota dalam provinsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik sosial ekonomi pelaku perjalanan rumah tangga jumlah aktifitas perjalanan dan mengetahui model bangkitan perjalanan yang dihasilkan masyarakat di Perumahan Permata Hijau. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dan analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif tabulasi silang (crosstabs) dan regresi linier berganda dengan bantuan uji stastistik menggunakan software SPSS 22.0. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat bahwa karakteristik sosial dan ekonomi responden yang mendominasi adalah usia mulai berkendara 17-19 tahun sebanyak 54 8% berpendidikan terakhir diploma atau sarjana sebanyak 50 5% bekerja sebagai pegawai swasta sebanyak 26 2% beranggotakan empat anggota keluarga sebanyak 39 4% memiliki sepeda motor dua unit sebanyak 31 5% dan sebanyak 47 7% tidak memiliki mobil. Sebanyak 43% berpenghasilan setiap bulan Rp. 2.501.000 sampai Rp. 4.000.000 dan 44 1% dengan pengeluaran untuk keperluan transportasi senilai Rp. 201.000 sampai Rp. 300.000 sebanyak 70 3% memilih menggunakan motor dalam perjalanan sebanyak 35 1% bertujuan rutin ke kantor sebanyak 34 8% melakukan dua kali perjalanan per hari dengan jarak tempuh 6 5 sampai 8 km sebanyak 24 4% dan waktu tempuh 2 sampai 10 menit sebanyak 30 5% dengan bangkitan perjalanan yang dihasilkan 750 kali per hari. Model bangkitan perjalanan didapat Y 1 971 0 097X7 0 250X8 0 316X12 0 205X18 0 267X19 dan nilai R2 sebesar 0 587 dengan variabel (X7) jumlah anggota keluarga di rumah (X8) jumlah anggota keluarga yang sekolah (X12) penghasilan setiap bulan (X18) jarak tempuh dari rumah ke lokasi dan (X19) waktu tempuh dari rumah ke lokasi merupakan variabel bebas yang berpengaruh secara signifikan terhadap jumlah bangkitan perjalanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45422

Actions (login required)

View Item View Item