Pengaruh Pengekangan (Confinement) Baja Spiral Terhadap Kuat Tekan Beton Ringan / Dimas Aditya Prakoso - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Pengekangan (Confinement) Baja Spiral Terhadap Kuat Tekan Beton Ringan / Dimas Aditya Prakoso

Prakoso, Dimas Aditya (2018) Pengaruh Pengekangan (Confinement) Baja Spiral Terhadap Kuat Tekan Beton Ringan / Dimas Aditya Prakoso. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Prakoso Dimas Aditya. 2018. Pengaruh Pengekangan (Confinement) Baja Spiral Terhadap Kuat Tekan Beton Ringan. Skripsi. Program Studi S1 Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nindyawati S.T. M.T. (II) Drs. Boedya Djatmika S.T. M.T. Kata kunci Baja Spiral Confinement Concrete Batu Apung . Berat beton ringan berkisar antara 1360-1850 kg/m . Beton ringan dibuat menggunakan agregat ringan yaitu batu apung. Batu apung memberikan efek yang besar terhadap beton agar menjadi ringan. Kuat tekan beton ringan selain berhubungan dengan perencanaan campuran adukan beton ringan juga mempunyai hubungan yang unik dengan karakteristik beton ringan yang lainnya seperti berat isi dan modulus elastisitas. Tulangan sengkang pada kolom berfungsi sebagai pengekang (confinement) dalam hal ini memungkinkan agar inti penampang kolom tetap menyatu dan tidak pecah akibat beban aksial (tekan) yang diterima oleh kolom. Kolom bertulang spiral akan dapat bertahan lebih lama (daktail) sebelum mengalami keruntuhan dibandingkan dengan kolom yang diberi pengekangan dengan sengkang biasa ataupun spiral kurang rapat (kurang daktail). Hal ini menunjukan bahwa adanya perbedaan daktilitas bisa sangat mempengaruhi kekuatan kolom retak yang timbul pada kolom akibat lelehnya tulangan akan mengakibatkan beton mengalami sedikit tarik. Benda uji yang dibuat yaitu benda uji silinder beton berdiameter 15 cm dengan tinggi 30 cm untuk pengujian kuat tekan beton. Variasi benda uji terdiri dari 5 buah silinder beton tanpa sengkang 5 buah silinder beton dengan sengkang berjarak 3 cm 5 buah silinder beton dengan sengkang berjarak 5 cm dan 5 buah silinder beton dengan sengkang berjarak 7 cm. Total seluruh benda uji adalah 20 silinder beton yang di uji kuat tekan nya. Baja spiral berukuran 6 mm sebagai pengekangan terhadap silinder beton dan uji kuat tekan dilakukan pada hari ke-28. Dalam hasil penelitian ini menjelaskan bahwa dengan adanya sengkang dapat meningkatkan kuat tekan beton dan makin pendek jarak sengkang akan semakin tinggi kuat tekan beton tersebut. Mutu beton rata-rata tanpa penggunaan sengkang sebesar 31 38 Mpa. Dengan penggunaann sengkang 7cm kuat tekan meningkat 32% menjadi 41 65 Mpa. Dengan penggunaan sengkang 5cm kuat tekan meningkat 34% menjadi 42 21 Mpa. Dengan penggunaan sengkang 3cm kuat tekan meningkat 43% menjadi 45 02 Mpa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Mar 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45417

Actions (login required)

View Item View Item