Persepsi konsumen terhadap desain kemasan merek fanbo melalui direct rating method - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi konsumen terhadap desain kemasan merek fanbo melalui direct rating method

Almawardah, Ismi (2023) Persepsi konsumen terhadap desain kemasan merek fanbo melalui direct rating method. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Persepsi konsumen terhadap produk adalah paduan dari pesan yang didapat, salah satunya dari desain kemasan produk. Konsumen membuat kesimpulan pada produk berdasarkan elemen visual pada kemasan seperti tampilan utama, bentuk, huruf, warna dan ilustrasi. Dalam mengetahui persepsi konsumen terhadap suatu produk, perusahaan perlu mempertimbangkan elemen visual mana yang digunakan. Persepsi ini digunakan sebagai evaluasi bagi perusahan apakah desain kemasan yang digunakan sudah efektif atau tidak sebagai media informasi dan promosi. Komunikasi antara perusahaan dengan konsumen dalam media promosi salah satunya kemasan sebagai upaya menjual produknya. Fanbo adalah salah satu merek kosmetik yang diproduksi PT. Fabindo Sejahtera yang berdiri di Indonesia sejak 1968. Objek penelitian yang dipilih adalah kemasan produk Hoitong Powder, Pancake Rose 68, Fantastic Compact Powder. Kemasan produk bedak padat Fanbo yang masih beredar di pasaran tersebut, berbeda satu sama lainnya. Penelitian dilakukan untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap kemasan produk bedak padat Fanbo menggunakan metode Direct Rating Method (DRM) dan teori komunikasi Harold Lasswell. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskripif, serta pengukuran Direct Rating Method melalui dimensi attention, readthroughness, cognitive, affection, behavior. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner melalui google form kepada sampel dengan teknik purposive sampling dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa kemasan produk Fanbo memiliki persepsi yang baik dengan rentang nilai Pancake Rose 68 79,84, Hoitong Powder 79,28 dan Fantastic Compact Powder 77,06. Hasil analisis dengan teori komunikasi Lasswell disimpulkan bahwa, who, PT Fabindo Sejahtera merupakan perusaahaan kosmetik yang menaungi merek Fanbo. Says What, pesan berupa elemen visual pada kemasan bedak padat Fanbo merepresentasikan identitas produk. In Which Channel, media yang digunakan adalah kemasan Hoitong Powder, kemasan primer dan sekunder pada Pancake Rose 68, Fantastic Compact Powder. To Whom, wanita dewasa yang menyukai produk dengan kesan klasik dan vintage. With What Effect, bentuk dan warna adalah elemen visual yang paling diingat dan menarik perhatian konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 10 Oct 2023 06:39
Last Modified: 11 Oct 2023 02:32
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4541

Actions (login required)

View Item View Item