Studi evaluasi kerusakan jalan menggunakan ASTM D6433-07 untuk prioritas penanganan jalan (studi kasus Kabupaten Jombang) / Yusuf Akbar Megi Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi evaluasi kerusakan jalan menggunakan ASTM D6433-07 untuk prioritas penanganan jalan (studi kasus Kabupaten Jombang) / Yusuf Akbar Megi Putra

Putra, Yusuf Akbar Megi (2018) Studi evaluasi kerusakan jalan menggunakan ASTM D6433-07 untuk prioritas penanganan jalan (studi kasus Kabupaten Jombang) / Yusuf Akbar Megi Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Putra Yusuf Akbar Megi. 2017. Studi Evaluasi Kerusan Jalan Menggunakan ASTM D6433-07 untuk Penyusunan Prioritas Penanganan Jalan (Studi Kasus Kabupaten Jombang). Skripsi Program Studi S1 Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Ir. Henri Siswanto M.T. (II) Pranoto S.T. M.T. Kata Kunci ASTM D6433-07 metode PCI prioritas penanganan jalan Infrastruktur Jalan merupakan salah satu faktor dalam mendukung pembangunan Kabupaten Jombang yang berperan vital tidak hanya sebagai penggerak roda ekonomi di daerah namun turut membentuk perkembangan wilayah serta melayani masyarakat dalam mengartikulasikan kehidupan sosial masyarakat. Dikarenakan anggaran alokasi dana untuk infrastruktur jalan terbatas tidak semua jalan dapat diperbaiki. Perlu adanya prioritas penanganan jalan hal ini guna mengatasi terbatasnya dana yang dialokasikan. Dalam menentukan program prioritas jalan perlu adanya survei kondisi kerusakan jalan. Hal ini berguna untuk mengetahui bagaimana kondisi dari suatu perkerasan jalan sehingga bisa menentukan urutan prioritas penanganan jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai kondisi kerusakan jalan menggunakan ASTM D6433-07. Dalam penelitian ini untuk menentukan prioritas penanganan kerusakan jalan yang ditinjau dari nilai Pavement Condition Index (PCI).Evaluasi kerusakan jalan menggunakan ASTM D6433-077 yang didalamnya menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI). Kelebihan pada metode PCI yaitu data kerusakan diketahui secara menyeluruh dikarenakan pada metode PCI penilaian kerusakan diukur secara detail untuk mendapatkan nilai kerusakan serta ada banyak jenis kerusakan. Hasil evaluasi perkerasan jalan Kabupaten di wilayah UPT Mojoagung Kabupaten Jombang dari sebelas sampel ruas dengan total panjang 40 4 km menghasilkan nilai PCI antara 66-100 dimana nilai 0-10 kondisinya gagal (failed) 11-25 kondisinya parah (serious) 26-40 kondisinya sangat buruk (very poor) 41-55 kondisinya buruk (poor) 56-70 kondisinya sedang (fair) 71-85 kondisinya memuaskan (satisfactory) dan 86-100 kondisinya baik (good). Jalan dengan kondisi sedang sebesar 36 01% kondisi memuaskan sebesar 14 98% kondisi baik sebesar 49 01%. Untuk penyusunan prioritas penanganan jalan penanganan yang paling utama pada nilai PCI yang terkecil ke yang terbesar dikarenakan skala nilai pada PCI dengan nilai yang paling rendah memiliki kondisi yang paling buruk. Didapatkan 4 ruas dengan kondisi sedang dengan mendapat penanganan berupa rehabilitasi sebanyak 3 ruas dengan kondisi memuaskan mendapat penanganan perawatan pencegahan (rutin) dan sebanyak 4 ruas dengan kondisi baik mendapat penanganan perawatan pencegahan (rutin).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45396

Actions (login required)

View Item View Item