Analisis kepuasan pengguna terhadap kualitas pelayanan jasa transportasi kereta api jalur Malang-Yogyakarta / Rizal Khafid Choiri - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kepuasan pengguna terhadap kualitas pelayanan jasa transportasi kereta api jalur Malang-Yogyakarta / Rizal Khafid Choiri

Choiri, Rizal Khafid (2018) Analisis kepuasan pengguna terhadap kualitas pelayanan jasa transportasi kereta api jalur Malang-Yogyakarta / Rizal Khafid Choiri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Choiri Rizal Khafid. 2017. Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Kualitas Pelayanan Jasa Transportasi Kereta Api Jalur Malang - Yogyakarta. Skripsi. Program Studi S1 Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Sugiyanto S.T. M.T. (II) Drs. H. Tri Kuncoro S.T. M.Pd. Kata Kunci Kepuasan Pengguna Kualitas Pelayanan Transportasi Kereta Api. Kebutuhan jasa transportasi erat kaitannya dengan pola pergerakan atau penyebaran perjalanan masyarakat yang menjadi pengguna jasa/penumpang. Kepuasan konsumen dalam menentukan dan memilih moda transportasi publik yang diinginkan tergantung pada banyak hal diantaranya adalah faktor pelayanan kenyamanan keandalan alat transportasi keselamatan dalam perjalanan biaya jarak tempuh fleksibilitas kecepatan dan tingkat polusi. Dibandingkan transportasi darat lainnya transportasi kereta api lebih banyak diminati oleh masyarakat dikarenakan jasa transportasi kereta api memiliki jadwal yang tetap dan teratur fasilitas yang memuaskan kecepatan kenyamanan keamanan dan kemudahan yang ditawarkan oleh kereta api. Tujuan penelitian ini untuk (1) Mendiskripsikan kepuasan pengguna kereta api kelas ekonomi bisnis dan eksekutif jalur Malang - Yogyakarta berdasarkan metode kondisi dan kepuasan (IPA) (2) Mendiskripsikan tarif berdasarkan ATP dan WTP pengguna kereta api kelas ekonomi bisnis dan eksekutif jalur Malang Yogyakarta. Jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan deskriptif menggunakan pendekatan skala likert. Metode pengambilan sampel penelitian menggunakan Simple Random Sampling. Metode analisis data menggukan uji validitas uji reabilitas uji koefisien determinan (R2) uji IPA uji WTP dan uji ATP. Sampel penelitian ini adalah pengguna jasa kereta api Malabar Jurusan Malang Yogyakarta. Jumlah sampel penelitian pada K.A. Malabar Jurusan Malang Yogyakarta kelas Ekonomi (76 pengguna) kelas Bisnis (76 pengguna) dan kelas Eksekutif (76 pengguna) dalam satu kali perjalanan dari satu bulan. Pembobotan dari hasil pengolahan data kuesioner dilakukan pada kriteria masing-masing item yang kemudian dianalisis dengan menggunakan metode IPA ATP dan WTP. Nilai reliabilitas kuesioner 0 967. Nilai validitas rata - rata kuesioner 0 759. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Berdasarkan metode IPA pada kereta api Malabar kelas ekonomi dapat disimpulkan pelayanan sudah sangat memuaskan dengan nilai tingkat kesesuaian 101 64%. Sedangkan dari analisi ATP pengguna mampu membayar tarif sebesar Rp.146.395 - dari tarif yang berlaku. Untuk analisi WTP pengguna bersedia membayar tarif sebesar Rp.141.371 - dari tarif yang berlaku. (2) Berdasarkan metode IPA pada kereta api Malabar kelas bisnis dapat disimpulkan pelayanan sudah sangat memuaskan dengan nilai tingkat kesesuaian 101 81%. Sedangkan dari analisi ATP pengguna mampu membayar tarif sebesar Rp.218.882 - dari tarif yang berlaku. Untuk analisi WTP pengguna bersedia membayar tarif tarif sebesar Rp.231.362 - lebih dari tarif yang berlaku. (3) Berdasarkan metode IPA pada kereta api Malabar kelas eksekutif dapat disimpulkan pelayanan sudah sangat memuaskan dengan nilai tingkat kesesuaian 101 30%. Sedangkan dari analisi ATP pengguna mampu membayar tarif sebesar Rp.300.525 - dari tarif yang berlaku. Untuk analisi WTP pengguna bersedia membayar tarif sebesar Rp.300.463 - dari tarif yang berlaku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45391

Actions (login required)

View Item View Item