Pengaruh faktor eksternal di lingkungan proyek konstruksi terhadap kinerja tukang pasang bata / Jessica Saskia Paramita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh faktor eksternal di lingkungan proyek konstruksi terhadap kinerja tukang pasang bata / Jessica Saskia Paramita

Paramita, Jessica Saskia (2017) Pengaruh faktor eksternal di lingkungan proyek konstruksi terhadap kinerja tukang pasang bata / Jessica Saskia Paramita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Paramita Jessica Saskia. 2017. Pengaruh Faktor Eksternal Dilingkungan Proyek Konstruksi Terhadap Kinerja Tukang Pasang Bata Skripsi. Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Made Wena M.Pd M.T (II) Drs. Ir. H. Sudomo M.MT. Kata Kunci eksternal upah gaya kepemimpinan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja. Pembangunan berbagai fasilitas tersebut tidak terlepas dari pekerjaan pemasangan bata. Pekerjaan pemasangan bata memiliki volume pekerjaan dan menyerap jumlah tenaga kerja yang tinggi. Namun seringkali keselamatan tenaga kerja didalam proyek konstruksi kurang diperhatikan terutama tukang bangunan. Selain menerapkan gaya kepemimpinan yang efektif kepada seluruh tukang pasang bata mandor proyek juga harus memperhatikan faktor yang dapat meningkatkan kinerja anggotanya. Tak dapat dipungkiri salah satu faktor penentu keberhasilan dalam suatu proyek pembangunan adalah kinerja tukang pasang bata. Maka dari itu diperlukan suatu penghargaan dan pengakuan terhadap hasil kinerja tukang pasang bata seperti pemberian kompensasi atau upah. Untuk mencapai produktivitas kerja tukang bata yang tinggi maka perusahaan harus memperhatikan kompensasi tukang pasang bata. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh faktor eksternal dilingkungan proyek konstruksi terhadap kinerja tukang pasang bata. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah tukang pasang bata yang berjumlah 43 orang dan 1 orang mandor yang bekerja di proyek konstruksi Jember Icon di kota Jember Jawa Timur. Metode pengumpulan data dengan cara observasi sebar kuisioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan presentasi skor dan analisa regresi. Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh upah gaya kepemimpinan dan pemahaman tukang pasang bata akan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja terhadap kinerja tukang pasang bata. Hal ini diperkuat oleh hasil koefisien determinasi yang menunjukkan jika variabel upah variabel gaya kepemimpinan yang meliputi gaya partisipatif gaya pengasuh gaya otoriter gaya birokrasi gaya berorientasi tugas dan variabel pemahaman tukang akan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja yang meliputi komitmen top management perturan dan prosedur K3 komunikasi pekerja dan kompetinsi pekerja berpengaruh terhadap kinerja tukang pasang bata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45376

Actions (login required)

View Item View Item