Barzani, Failut (2017) Study karakteristik pengguna dan efektivitas penggunaan jembatan penyeberangan orang di Kabupaten Malang / Failut Barzani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Barzani F. 2017 Study Karakteristik Pengguna dan Efektivitas Penggunaan Jembatan Penyeberangan Orang di Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Pranoto S.T. M.T. (II) Drs. Boedi Rahardjo M.Pd. M.T. Kata Kunci karakteristik efektivitas jembatan penyeberangan Jembatan penyeberangan orang (JPO) sebagai sarana penyeberangan diperuntukan agar pejalan kaki tidak berkonflik dengan arus lalu lintas kendaraan di ruas jalan sehingga resiko kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pejalan kaki dapat dicegah. Minimnya pejalan kaki yang menyeberang dengan menggunakan jembatan penyeberangan menyebabkan kemacetan karena volume kendaraan padat sedangkan pejalan kaki tidak menyeberang pada tempat yang telah disediakan. Tujuan pembangunan JPO adalah untuk mengurangi kemacetan dan angka kecelakaan penyeberang jalan. Kondisi JPO yang kurang mendukung sebagai sarana penunjang penyeberang jalan hendaknya dievaluasi sehingga pejalan kaki mau untuk menyeberang pada JPO. Terdapat tiga jembatan di Kabupaten Malang yaitu dua jembatan penyeberangan di jalan Raya Singosari dan di jalan Raya Thamrin Lawang. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui karakteristik pengguna jembatan penyeberangan orang di Kabupaten Malang (2) untuk mengetahui efektivitas penggunaan jembatan penyeberangan orang di Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunkan metode deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data karakteristik pengguna jembatan penyeberangan dilakukan melalui penyebaran angket kepada responden pengguna jembatan penyeberangan di Kabupaten Malang. Sedangkan untuk efektivitas pengumpulan data volume pengguna jembatan penyeberangan dilakukan melalui pencatatan setiap 15 menit jumlah penyeberang jalan yang menggunakan jembatan penyeberangan dan jumlah penyeberang jalan yang tidak menggunakan jembatan penyeberangan. Hasil Penelitian menunjukkan Karakteristik pengguna jembatan penyeberangan di Kabupaten Malang banyak didominasi oleh perempuan usia 40 tahun dengan tingkat pendidikan SMU pekerjaan sebagai pegawai swasta asal perjalanan dari rumah tujuan perjalanan ke pasar dan maksud perjalanan belanja. Pada frekuensi penggunaan jembatan penyeberangan sering menggunakan. Alasan menggunakan jembatan penyeberangan karena keselamatan dan alasan jika tidak menggunakan jembatan penyeberangan karena jarak tempuh. Efektivitas penggunaan jembatan penyeberangan di Kabupaten Malang ditinjau dari volume pengguna menunjukkan persentase penyeberang jalan yang menggunakan jembatan penyeberangan sebesar 89% dan tidak menggunakan sebesar 11% jadi sudah termasuk kategori sangat efektif. Tingkat efektivitas penggunaan jembatan penyeberangan di Kabupaten Malang ditinjau dari segi syarat JPO (ketepatan estetika keselamatan fasilitas penunjang dan kondisi sekitar JPO) yang termasuk dalam kategori efektif dengan nilai persentase 70%. ABSTRACT Barzani F. 2017 User s characteristic study and Effectiveness of Pedestrian Crossing Bridge Usage in Malang Regency. Essay Civil Engineering Study Technic Faculty State University of Malang. Advisor (I) Pranoto S.T. M.T. (II) Drs. Boedi Rahardjo M.Pd. M.T. Kata Kunci characteristic efectiveness crossing bridge Pedestrian Crossing Bridge (PCB) as a media for pedestrian to cross the road so they do not have to conflict with the vehicle traffic flow so the risk of traffic accidents involving pedestrians can be prevented. Lack of pedestrian crossing by using pedestrian bridge lead to traffic jam because of the densitiy number of vehicle while pedestrian do not cross the road in provided facility. The goal of building PCB is to reduce traffic jam and to reduce accidents that involve pedestrians. The condition of PCB that lacks of it s function to support pedestrians crossing should be evaluated so pedestrians want to use it for crossing the road. There are three pedestrian crossing in Malang Regency which are two crossing bridge in Singosari Highway and one in Thamrin Road Lawang. The aims of this study are (1) to determine characteristic of pedestrian crossing bridge user in Malang District and (2) to determine effectiveness of the use of pedestrian crossing bridge in Malang Regency. This study uses descriptive quantitative method. The data collection of pedestrian bridge user characteristics will be done through questionnaire distribution to respondents that use crossing bridge in Malang Regency. While for the effectiveness data collecting for volume of crossing bridge users will be done through recording every 15 minutes for the amount of the people who use the crossing bride and the people who do not. The study result points that majority of crossing bridge user characteristic in Malang Regency are dominated by women age 40 years with high school education level working as a private employee destination origin is from house the destination is the market and the purpose is to shop. While for the frequence of crssing bridge user most of them are using it. Their reason for using it is for safety reasons and for those who do not is for the mileage. The effectiveness of pedestrian crossing bridge usage in Malang Regency from the side of user volume shows the precentage amount of road crossers who use the crossing bridge is 89% and those who do not use the crossing bridge is 11% which is categorized as very effective. Usage effectiveness of crossing bridge level in Malang Regency judged from the terms of PCB (accuracy aesthetic safety supporting facilities and conditions around PCB) which fall into the effective category are those that have a percentage of 70%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/45350 |
Actions (login required)
View Item |