Aplikasi sistem informasi geografis untuk pemetaan rute optimal dari Singosari ke Alun-alun Pusat Kota Malang / Paundra Agika Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Aplikasi sistem informasi geografis untuk pemetaan rute optimal dari Singosari ke Alun-alun Pusat Kota Malang / Paundra Agika Putra

Putra, Paundra Agika (2017) Aplikasi sistem informasi geografis untuk pemetaan rute optimal dari Singosari ke Alun-alun Pusat Kota Malang / Paundra Agika Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putra Paundra Agika. 2017. Aplikasi Sistem Informasi Geografis Untuk Pemetaan Rute Optimal Dari Singosari Ke Alun-Alun Pusat Kota Malang. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Ir. Titi Rahayuningsih M.Si. (II) Drs. Boedi Rahardjo M.Pd. M.T. Kata Kunci Aplikasi Sistem Informasi Geografis Pemetaan Rute Optimal Terdapat 3 rute jalan alternatif dari Singosari ke Alun-Alun Pusat Kota Malang. Masing-masing rute memiliki jarak tempuh kepadatan dan kemacetan yang berbeda. Kepadatan dan kemacetan di 3 rute jalan alternatif tersebut menambah derajat kejenuhan suatu jalur lalu-lintas. Kondisi ini mengurangi faktor kenyamanan berlalu-lintas karena akan menambah waktu tempuh dari titik berangkat ke titik tujuan. Penelitian bertujuan untuk memberikan informasi mengenai daerah rawan kemacetan memetakan kondisi jalan raya yang ada dan menentukan rute optimal di Jalan Raya Singosari ke Alun-Alun Pusat Kota Malang menggunakan aplikasi SIG. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan pengamatan atau survei. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil (1) Jalan raya pada rute 1 2 3 memiliki nilai derajat kejenuhan tinggi dan tingkat pelayanan jalan yang rendah (2) Kondisi jalan raya di Kota Malang layak dan sesuai dengan kriteria yang dipersyaratkan oleh MKJI dan peraturan pemerintah yang ada (3) Rute optimal pada hari Senin adalah melewati jalan rute 1 dengan waktu tempuh sebesar 35 00 menit dan jarak tempuh 10 31 Km. Untuk rute optimal pada hari Kamis adalah melewati jalan rute 2 dengan waktu tempuh sebesar 35 11 menit dan jarak tempuh 10 73 Km dan untuk rute optimal pada hari Minggu adalah melewati jalan rute 2 dengan waktu tempuh sebesar 30 05 menit dan jarak tempuh 10 73 Km. Kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan meliputi (1) Aplikasi Sistem Informasi Geografis dapat memberikan informasi mengenai daerah rawan kemacetan di Jalan Raya Singosari ke Alun-Alun Pusat Kota Malang (2) Aplikasi Sistem Informasi Geografis dapat memetakan kondisi jalan raya yang ada pada Jalan Raya Singosari sampai ke Alun-Alun Pusat Kota Malang (3) Aplikasi Sistem Informasi Geografis mampu menentukan rute optimal dari Jalan Raya Singosari ke Alun-Alun Pusat Kota Malang. Saran dari penelitian yang telah dilakukan meliputi (1) Perlu diadakannya rekayasa lalu-lintas oleh instansi-instansi terkait untuk mengurai kemacetan yang terjadi di jalan raya di Kota Malang (2) Dengan kondisi jalan raya yang sudah layak dan sesuai dengan persyaratan MKJI dan peraturan pemerintah maka sebaiknya dilakukan kegiatan perawatan dan pencegahan untuk meminimalisir kerusakan-kerusakan yang mungkin terjadi (3) Perlu diadakannya pengkajian ulang mengenai rute optimal pada jalan rute 1 2 3 sehingga nantinya rute optimal tidak hanya terpusat pada salah satu jalan akan tetapi semua rute jalan akan memiliki waktu tempuh terpendek dengan jarak tempuh yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45341

Actions (login required)

View Item View Item