Sudarwantono, Herdian (2017) Aplikasi sistem informasi geografis untuk penentuan waktu tempuh terpendek Jalur Angkutan Kota dari Terminal Arjosari dan Terminal Hamid Rusdi menuju Kampus Universitas Negeri Malang / Herdian Sudarwantono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sudarwanto Herdian. 2017. Aplikasi Sistem Informasi Geografis Untuk Penentuan Waktu Tempuh Terpendek Jalur Angkutan Kota Dari Terminal Arjosari dan Terminal Hamid Rusdi Menuju Kampus Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Ir. Titi Rahayuningsih M.Si. (II) Pranoto S.T. M.T. Kata Kunci waktu tempuh terpendek angkutan kota Sistem Informasi Geografis ArcGIS 10.3 Network Analyst Jumlah mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) per September 2016 mencapai 32.335 mahasiswa (Data Pokok Universitas Negeri Malang 2016). Jumlah tersebut tidak hanya didominasi oleh warga asli Kota Malang saja melainkan juga warga luar Kota Malang. Tidak semua mahasiswa menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju UM sebagian mahasiswa menggunakan kendaraan umum dari Terminal Arjosari dan Terminal Hamid Rusdi. Jenis trayek yang dapat digunakan yaitu trayek ADL AL GL LG dan LDG. Pelayanan angkutan kota kurang optimal disebabkan oleh overlapping trayek yang tinggi dan rendahnya faktor muat pada beberapa trayek. Pengguna angkutan kota pada umumnya tidak terlalu memikirkan jarak tempuh tetapi lebih mementingkan waktu tempuh yang lebih cepat. Tujuan penelitian ini 1) menentukan faktor faktor yang mempengaruhi waktu tempuh pada jalur angkutan kota dari Terminal Arjosari menuju UM dan Terminal Hamid Rusdi menuju UM dan 2) menentukan waktu tempuh terpendek menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG) pada jalur kendaraan angkutan kota dari Terminal Arjosari menuju UM dan Terminal Hamid Rusdi menuju UM. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan survei dinamis dan survei statis yang dilakukan pada hari Minggu antara pukul 16.00 20.00 WIB dan hari Senin antara pukul 06.00 09.00 WIB. Analisis data dilakukan dengan SIG menggunakan software ArcGIS 10.3 dengan tool network analyst. Hasil penelitian adalah sebagai berikut 1) faktor yang mempengaruhi waktu tempuh pada perjalanan angkutan kota yaitu kecepatan perjalanan tundaan waktu antara (headway) waktu tunggu dan 2) dari hasil analisis SIG trayek AL merupakan angkutan kota dari Terminal Arjosari menuju UM yang mempunyai waktu tempuh terpendek pada hari Minggu sore pukul 19.00 20.00 WIB yaitu 29 34 menit dan pada hari Senin pagi pukul 06.00 07.00 WIB yaitu 35 12 menit. Trayek GL merupakan angkutan kota dari Terminal Hamid Rusdi menuju UM yang mempunyai waktu tempuh terpendek pada hari Minggu sore pukul 19.00 20.00 WIB yaitu 28 menit dan pada hari Senin pagi pukul 06.00 07.00 WIB yaitu 31 41 menit.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jun 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/45339 |
Actions (login required)
View Item |