Perubahan karakteristik fisik dan mekanis akibat penambahan kapus terhadap tanah lempung Desa Deket Permai, Kecamatan Deket, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur / Redi Firdaus Maulana - Repositori Universitas Negeri Malang

Perubahan karakteristik fisik dan mekanis akibat penambahan kapus terhadap tanah lempung Desa Deket Permai, Kecamatan Deket, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur / Redi Firdaus Maulana

Maulana, Redi Firdaus (2017) Perubahan karakteristik fisik dan mekanis akibat penambahan kapus terhadap tanah lempung Desa Deket Permai, Kecamatan Deket, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur / Redi Firdaus Maulana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maulana Redi Firdaus. 2016. Perubahan Karakteristik Fisik dan Mekanis Akibat Penambahan Kapur Terhadap Tanah Lempung Desa Deket Permai Kecamatan Deket Kabupaten Lamongan Jawa timur. Skripsi Program Studi S1 Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang (UM). Pembimbing (I) Drs. Ir. I Wayan Jirna M.T. (II) Drs. Eko Setyawan S.T M.T. Kata Kunci Tanah Lempung Stabilisasi Kapur California Bearing Ratio (CBR) Tanah lempung memiliki kandungan mineral montmorilonite yang akan membuat tanah mudah bergerak dan menyebabkan kerusakan pada jalan hal tersebut di duga tanah dasar jalan mempunyai daya dukung rendah. Untuk meningkatkan daya dukung tanah diperlukan stabilisasi. Pada penelitian ini stabilisasi menggunakan kapur dengan berbagai persentase penambahan kapur. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui karakteristik fisik tanah lempung Desa deket kulon Kecamatan Deket Kabupaten Lamongan Jawa Timur yang distabilkan dengan kapur. (2) Untuk mengetahui daya dukung tanah lempung yang ditambah dengan kapur. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimental data hasil penelitian disajikan dalam bentuk grafik. Variasi kadar kapur dalam penelitian ini ada 5 yaitu 0 % 10% 20% 30% dan 40%. Total keseluruhan benda uji sebanyak 45 buah dengan rincian 15 benda uji batas cair (LL) 15 benda uji batas plastis (PL) dan 15 benda uji california bearing ratio (CBR). Hasil uji batas konsistensi yaitu uji batas cair (LL) dan uji batas plastis (PL) didapatkan kadar 0 % nilai LL 70% dan PL 43 04% kadar 10% nilai LL 59% dan PL 47 59% kadar 20% nilai LL 55% dan PL 50 67% kadar 30 % nilai LL 52% dan PL 40 99% kadar 40 % nilai LL 51% dan PL 41 05%. Setelah dilakukan uji CBR didapatkan hasil rata-rata kadar 0% sebesar 41 lb kadar 10 % sebesar 2400 lb kadar 20% sebesar 1400 lb kadar 30% sebesar 2200 lb dan kadar 40% sebesar 600 lb. Dari beberapa persentase penambahan kapur pada karakteristik fisik berupa IP tanah asli di dapatkan nilai sebesar 24 43% setelah dilakukan penambahan kapur 10% mengalami perubahan nilai IP menjadi 11 40%. Karakteristik mekanik berupa CBR pada tanah asli didapatkan nilai sebesar 0 84% setelah dilakukan penambahan kapur 30% nilai terbaiknya m enjadi 35 27% untuk penetrasi 0 1 inci sedangkan nilai CBR pada penetrasi 0 2 inci pada tanah asli didapatkan niai 1 05% setelah dilakukan penambahan kapur pada persentase 30% nilai terbaiknya sebesar 36 21%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45323

Actions (login required)

View Item View Item