Kajian sifat fisik dan mekanik beton lolos air (porous concrete) menggunakan pengikat geopolimer dengan penambahan bahan retarder plastiment . VZ / Andy Prasetyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian sifat fisik dan mekanik beton lolos air (porous concrete) menggunakan pengikat geopolimer dengan penambahan bahan retarder plastiment . VZ / Andy Prasetyo

Prasetyo, Andy (2017) Kajian sifat fisik dan mekanik beton lolos air (porous concrete) menggunakan pengikat geopolimer dengan penambahan bahan retarder plastiment . VZ / Andy Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prasetyo Andy. 2016. KajianSifatFisikdanMekanikBeton Lolos Air (Porous Concrete) MenggunakanPengikatGeopolimerDenganPenambahanBahan Retarder Plastiment VZ. Skripsi Program Studi S1 TeknikSipil FakultasTeknik UniversitasNegeri Malang (UM). Pembimbing (I) Drs. BoedyaDjatmika S.T. M.T. (II) Drs. AdjibKarjanto S.T. M.T. Kata Kunci sifatfisik sifatmekanik betonlolos air geopolimer. Dengansemakinbanyaknyapenggunaanperkerasanaspaldanbetonmembuatlapisankedap air di permukaansemakinmeluasdandaerahresapan air menyempit.Berkurangnyadaerahresapan air inimengakibatkan air hujantidakdapatdiserapsecaramaksimal yang kemudianapabiladibiarkanakanmenyebabkanbanjir.Salah satuupayauntukmengurangigenanganpermukaan air dalambidangkonstruksiadalahdenganmembuatperkerasanbetonlolos air. Penerapanbetonlolos air dapatmenjadisolusiuntukmenanggulangibanjirkarenabetoninimemilikirongga-rongga yang dapatdilalui air.Denganadanyaronggapadabetontersebutmenyebabkannilaikuattekanbetonlolos air menjadirendah.Salah satucarauntukpeningkatankuattekanbetonadalahdenganmenggunakanpengikatgeopolimer. Namun penggunaanpengikatgeopolimersangatsulitdilaksanakan di lapangankarena setting time yang terjadisangatcepat.Mengingatpenggunaangeopolimer yang memiliki proses pengikatan yang cepat makapadapenelitianinidigunakanbahantambah retarder yang dimanadapatmeningkatkansifatfisikdanmekanikbetonlolos air. Metode yang digunakandalampenelitianiniadalahmetodeeksperimen. Dalampenelitianinidigunakanvariasibahantambah retarder padabetonlolos air geopolimermulaidari 0% 0.20% 0.40% 0.60%. Pengujiansifatfisikbetonlolos air geopolimer yang dilakukanberupapengujianbahan beratisi danpermeabilitas. Sedangkan pengujiansifatmekanikbetonlolos air geopolimeryang dilakukanberupakuattekan kuattarik-belah dan modulus elastisitasbeton. Berdasarkanpengujianberatisibeton beratisi optimum sebesar 1729 212 kg/m3.Untukpermeabilitasbeton pengujiananalisapersentaseronggabetonterbesaryaitu30 046%.Kemudianpengujiankecepatan air betonterbesardidapatsebesar 1 229 cm/detik.Selanjutnyapengujianpersentaselolos air terbesaryaitu97 7%.Nilaikuattekanterbesarterdapatpadabetonyaitu 2.054 MPa. Kemudianberdasarkanpengujiankuattarikbelahdidapatnilaikuattarikbelahterbesaryaitu 0.291 MPa. Selanjutnyapengujian modulus elastisitasbeton nilai modulus elastisitasterbesaryaitu 3891.95 MPa. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45321

Actions (login required)

View Item View Item