Studi karakteristik lalu lintas dan tingkat pelayanan ruas jalan lingkar Universitas Brawijaya / Nur Afidah Rizky Amalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi karakteristik lalu lintas dan tingkat pelayanan ruas jalan lingkar Universitas Brawijaya / Nur Afidah Rizky Amalia

Amalia, Nur Afidah Rizky (2017) Studi karakteristik lalu lintas dan tingkat pelayanan ruas jalan lingkar Universitas Brawijaya / Nur Afidah Rizky Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Amalia NurAfidahRizky. 2012. StudiKarakteristikLaluLintasdan Tingkat PelayananRuasJalanLingkarUniversitasBrawijaya. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Pranoto S.T. M.T.(II) Drs. H. Sugiyanto S.T. M.T. Kata kunci KarakteristikLaluLintas Tingkat Pelayanan JalanLingkarUniversitasBrawijaya Peningkatan volume lalu-lintas yang tidakseimbangdenganpeningkatankapasitasdankinerjajalandanbercampurnyapenggunaanlahanmenimbulkanpermasalahanlalu-lintasruasjalan lingkar UB (Jalan Veteran JalanGajayana Jalan MT. Haryono danJalanMayjenPanjaitan).Parameter karakteristiklalu-lintas yang merupakan faktor penting dalam perencanaan lalu-lintas adalah volume kecepatan dan kepadatan. Fungsi utama dari suatu jalan adalah memberikanpelayanan transportasi sehingga pemakai jalan dapat berkendaraan dengan aman dan nyaman. Kondisipelayananjalanmecerminkantingkatpelayananjalan yang diperoleh.Tingkat pelayananjalandipengaruhiolehkapasitasdanderajatkejenuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahuikarakteristiklalu-lintasjalanlingkar UB (2) Mengetahuitingkatpelayananruasjalanlingkar UB. Metodedalam penelitian ini dilakukan dengansurvei volume kendaraan kecepatankendaraan hambatan samping sertageometri jalan.Analisis data menggunakanManual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997). Data penelitian didapat dengan melakukan surveitraffic counting pada hari Selasa Rabu danKamis pukul 06.00-08.00 dan 16.00-18.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Karakterisktiklalu-lintasuntukjalanlingkar UB rata-rata volume kendaraan yang melintas 2237 29 smp/jam kecepatan rata-rata padaruasjalantersebut 24 55 km/jam dankepadatan rata-rata 91 86 smp/km. Volume terbesarterjadipadaJalan Veteran 3795 7smp/jam kecepatantertinggiterjadipadaJalan Veteran 34 67 km/jam dankepadatantertinggiterjadipadaJalanGajayana 127 22 smp/km. (2)Rentangtingkatpelayananuntukruasjalanlingkar UB daritingkat B sampaidengantingkat F. Tingkat pelayananjalantertinggiterjadipadaJalanGajayana saatpagiharidengantingkat F dansaat sore haridengantingkat D.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45313

Actions (login required)

View Item View Item