Yahya, Moch Amri (2017) Penggunaan High Density Poly Ethylene (HDPE) pada Asphal Treated Base (ATB) sebagai bahan tambahan terhadap parameter Marshall / Moch Amri Yahya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Yahya Moch Amri. 2016. Penggunaan High Density Poly Ethylene (HDPE) pada Asphalt Treated Base (ATB) Sebagai Bahan Tambahan Terhadap Parameter Marshall. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Ir. Henri Siswanto M.T. (II) Drs. H. Bambang Supriyanto S.T. M.T. Kata Kunci HDPE bahan tambahan ATB parameter Marshall. Jalan raya merupakan infrastruktur dasar dan utama dalam menggerakkan perekonomian suatu daerah. Kerusakan jalan umumnya berkaitan dengan beban roda yang berat peningkatan tekanan ban dan meningkatnya jumlah lalu lintas. Kerusakan jalan raya yang terjadi berupa perubahan bentuk retak-retak lubang amblas cacat permukaan pelepasan butir agregat pengelupasan lapisan pengausan kegemukan tambalan dan penurunan tepi. Untuk mengurangi bentuk permasalahan yang terjadi dibutuhkan alternatif seperti penggunaan limbah plastik pada campuran aspal. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1)Mengetahui Pengaruh penambahan HDPE dengan kadar 0% 1% 2% 3% 4% dan 5% pada lapisan ATB (2) mengetahui jumlah kadar HDPE terbaik pada lapisan ATB (3) mengetahui pengaruh penambahan HDPE pada ATB terhadap nilai IKS. Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah cara basah dan cara kering. Pencampuran dengan cara basah yaitu HDPE di tambahkan dengan aspal panas. Sedangkan cara kering yaitu HDPE di tambahkan dengan agregat panas. Pembuatan benda uji untuk menentukan nilai Kadar Aspal Optimum (KAO) dengan variasi kadar aspal 4% 4 5% 5% 5 5% 6% dan 6 5% dan diperoleh nilai KAO sebesar 5 6%. Variasi kadar HDPE yang digunakan pada penelitian yaitu 0% 1% 2% 3% 4% dan 5%. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penambahan HDPE pada ATB sebagai bahan tambahan menyebabkan (1) Penambahan HDPE dengan cara basah maupun cara kering dapat menurunkan nilai stabilitas namun penambahan dengan cara basah lebih baik dari cara kering. (2) Kadar terbaik pada penelitian yaitu kadar HDPE 1% baik menggunakan cara basah maupun cara kering. (3) Pada penelitian pengaruh penambahan HDPE pada ATB terhadap nilai IKS mengalami naik turun baik dengan penambahan cara basah maupun cara kering.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/45307 |
Actions (login required)
View Item |