Aziz, Abdul Latif Al (2017) Penggunaan High Density Polyethylene (HDPE) sebagai bahan tambahan pada Asphalt Concrete ÔÇô Binder Course (AC-BC) terhadap parameter mas\rshall / Abdul Latif Al Aziz. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Latif Al Aziz Abdul. 2016. Penggunaan High Density Polyethylene (HDPE) SebagaiBahanTambahpada Asphalt Concrete-Binder Course (AC-BC) terhadap Parameter Marshall. Skripsi Program Studi S1 TeknikSipil FakultasTeknik UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Ir. Henri Siswanto M.T. (II) Ir. TitiRahayuningsih M.Si. Kata kunci HDPE AC-BC parameter Marshall Jalanmerupakanprasaranatransportasi yang mempunyaidampakbesarbagiperkembanganekonomimasyarakat. Kerusakanpadajalanseringdijumpaisehinggadibutuhkansuatubahan yang dapatmeningkatkankinerjadankualitaslapisanperkerasan. Salah satusolusiuntukmemeningkatkankualitaslapisanperkerasansehinggadapatmeminimalisasikankerusakanpadajalanadalah denganpenggunaanbahanaditif. Salah satubahanaditif yang dapatdigunakanyaitulimbahplastik.Pemilihan plastik sebagai bahan aditif karenapenggunaanplastikterusmeningkatsetiaptahunnya sedangkanlimbahplastiksulitteruraidi dalamtanah. Jenisplastik yang digunakansebagaibahanaditifaspal pada AC-BC adalah HDPE. Tujuanpenelitianiniadalahuntuk (1) mengetahuipengaruhpenggunaanHDPE sebagaibahantambahpadaAsphalt Concrete - Binder Course (AC-BC) terhadap parameter MarshalldanIndeksKekuatanSisa (IKS) (2) mengetahuipersentasekadartambahan HDPEterbaikpadacampuran AC-BC ditinjaudarikarakteristik Marshall (3) mengetahuiperbandingankinerjapenggunaan HDPE carabasahdenganpenggunaan HDPE carakeringditinjaupada parameter Marshall. Tahapanawaldaripenelitianiniyaitupengujianpemeriksaanbahan kemudianmencarinilai KAO dengankadaraspal 4% 4 5% 5% 5 5% 6% dan 6 5% yang kemudiandiperoleh KAO sebesar 5 44%. Selanjutnyapembuatanbendaujidengan KAO menggunakanvariasikadarHDPE 0% 1% 2% 3% 4% dan 5%darikadaraspalsebagaibahantambahdengancarabasah (wet procces)dancarakering (dry procces).Kesimpulanberdasarkanhasilpenelitianyaitu (1) Penambahan HDPE dengancarabasahmaupuncarakeringsama-samameningkatkannilaistabilitaspadakadar HDPE1% nilaiflow VIM dan VMA meningkatseiringdenganbertambahnyakadar HDPE sedangkannilai VMA dan MQ menurunseiringdenganbertambahnyakadar HDPE. (2) kadar HDPE carabasahterbaikterdapatpadakadar 1% begitu juga dengan HDPE carakering didapatkankadarterbaikpadakadar 1%. (3) Penggunaan HDPE carabasahmemilikikinerjalebihbaikdaripadapenggunaan HDPE carakeringditinjaudari parameter Marshall
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/45303 |
Actions (login required)
View Item |