Penggunaan High Density Polyethylene (HDPE) sebagai bahan tambahan pada Asphalt Concrete ÔÇô Binder Course (AC-BC) terhadap parameter mas\rshall / Abdul Latif Al Aziz - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan High Density Polyethylene (HDPE) sebagai bahan tambahan pada Asphalt Concrete ÔÇô Binder Course (AC-BC) terhadap parameter mas\rshall / Abdul Latif Al Aziz

Aziz, Abdul Latif Al (2017) Penggunaan High Density Polyethylene (HDPE) sebagai bahan tambahan pada Asphalt Concrete ÔÇô Binder Course (AC-BC) terhadap parameter mas\rshall / Abdul Latif Al Aziz. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Latif Al Aziz Abdul. 2016. Penggunaan High Density Polyethylene (HDPE) SebagaiBahanTambahpada Asphalt Concrete-Binder Course (AC-BC) terhadap Parameter Marshall. Skripsi Program Studi S1 TeknikSipil FakultasTeknik UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Ir. Henri Siswanto M.T. (II) Ir. TitiRahayuningsih M.Si. Kata kunci HDPE AC-BC parameter Marshall Jalanmerupakanprasaranatransportasi yang mempunyaidampakbesarbagiperkembanganekonomimasyarakat. Kerusakanpadajalanseringdijumpaisehinggadibutuhkansuatubahan yang dapatmeningkatkankinerjadankualitaslapisanperkerasan. Salah satusolusiuntukmemeningkatkankualitaslapisanperkerasansehinggadapatmeminimalisasikankerusakanpadajalanadalah denganpenggunaanbahanaditif. Salah satubahanaditif yang dapatdigunakanyaitulimbahplastik.Pemilihan plastik sebagai bahan aditif karenapenggunaanplastikterusmeningkatsetiaptahunnya sedangkanlimbahplastiksulitteruraidi dalamtanah. Jenisplastik yang digunakansebagaibahanaditifaspal pada AC-BC adalah HDPE. Tujuanpenelitianiniadalahuntuk (1) mengetahuipengaruhpenggunaanHDPE sebagaibahantambahpadaAsphalt Concrete - Binder Course (AC-BC) terhadap parameter MarshalldanIndeksKekuatanSisa (IKS) (2) mengetahuipersentasekadartambahan HDPEterbaikpadacampuran AC-BC ditinjaudarikarakteristik Marshall (3) mengetahuiperbandingankinerjapenggunaan HDPE carabasahdenganpenggunaan HDPE carakeringditinjaupada parameter Marshall. Tahapanawaldaripenelitianiniyaitupengujianpemeriksaanbahan kemudianmencarinilai KAO dengankadaraspal 4% 4 5% 5% 5 5% 6% dan 6 5% yang kemudiandiperoleh KAO sebesar 5 44%. Selanjutnyapembuatanbendaujidengan KAO menggunakanvariasikadarHDPE 0% 1% 2% 3% 4% dan 5%darikadaraspalsebagaibahantambahdengancarabasah (wet procces)dancarakering (dry procces).Kesimpulanberdasarkanhasilpenelitianyaitu (1) Penambahan HDPE dengancarabasahmaupuncarakeringsama-samameningkatkannilaistabilitaspadakadar HDPE1% nilaiflow VIM dan VMA meningkatseiringdenganbertambahnyakadar HDPE sedangkannilai VMA dan MQ menurunseiringdenganbertambahnyakadar HDPE. (2) kadar HDPE carabasahterbaikterdapatpadakadar 1% begitu juga dengan HDPE carakering didapatkankadarterbaikpadakadar 1%. (3) Penggunaan HDPE carabasahmemilikikinerjalebihbaikdaripadapenggunaan HDPE carakeringditinjaudari parameter Marshall

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45303

Actions (login required)

View Item View Item