Kajian sifat fisik dan mekanik beton ringan geopolimer dengan penambahan foam / Muhammad Nadlirul Wachid - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian sifat fisik dan mekanik beton ringan geopolimer dengan penambahan foam / Muhammad Nadlirul Wachid

Wachid, Muhammad Nadlirul (2017) Kajian sifat fisik dan mekanik beton ringan geopolimer dengan penambahan foam / Muhammad Nadlirul Wachid. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wachid Muhammad Nadlirul. Kajian Sifat Fisik dan Mekanik Beton Ringan Geopolimer dengan Penambahan Foam. Skripsi Program Studi S1 Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Puput Risdanareni S.T. M.T. (II) Drs. Adjib Karjanto S.T. M.T Kata kunci Metakaolin Fly Ash Foaming Agent Beton Ringan Geopolimer Sifat Fisik Sifat Mekanik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar optimum penambahan foam pada campuran beton geopolimer dengan perbandingan fly ash dan metekaolin 75% 25% agar memenuhi syarat minimum untuk beton ringan non struktural. Kemudian mencari perbedaaan karakteristik dari beton ringan geopolimer ditinjau dari penambahan foam dengan kadar yang bervariasi. Metakaolin (MK) dan Fly ash (FA) dipilih karena kaya akan unsur Si dan Al kedua unsur tersebut sangat penting untuk beton geopolimer. Metakaolin dan fly ash yang digunakan dalam komposisi campuran beton geopolimer akan diteliti meliputisetting time workability porositas berat volume kuat tekan kuat tarik belah dan modulus elastisitas. Komposisi campuran beton geopolimer berdasarkan metode Trial and Errordengan prosentase agregat dan pengikat air adalah 77% dan 33%. Untuk bahan pengikat menggunakan fly ash (FA) dan metakaolin (MK) dengan perbandingan 75% 25%. Dengan kadar foaming agent yang dipakai adalah 0% 0 3% 0 6% dan 0 9% dari berat binder. Beton ringan geopolimer menggunakanlarutan aktivator yaitu perbandingan Na2SiO3/NaOH 2 dengan NaOH 8 Molar. Jumlah sampel untuk benda uji silinder dengan ukuran 7 5 cm x 15 cm sebanyak 76 dan untuk benda uji 15 cm x 30 cm sebanyak 12 buah. Pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini sesuai dengan SNI (Standar Nasional Indonesia) dan ASTM (America Society for Testing and Material). Komposisi optimum penggantian sebagaian FA oleh MK ditentukan berdasarkan hasil kuat tekan tertinggi yang dicapai pada penelitian sebelumnya. Berdasarkan hal tersebut kuat tekan tertinggi diperoleh pada sampel tipe FO 0 (foam 0%) dengan kuat tekan 5 4 MPa. Selain itu beberapa hasil pengujian yang lain pada tipe FO 0 adalah tarik belah 2 1 MPa modulus elastisitas 8439Mpa berat volume 1 6 gr/cm3 nilai porositas 17 1% waktu ikat awal 240 menit nilai slump 20mm. Semakin bertambahnya dosis foaming agent maka nilai sifat fisik dan sifat mekanis beton ringan geopolimer semakin jelek. Pemakaian dosis optimum berada pada beton ringan geopolimer tipe FO 03 dengan penambahan foam 0 3%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45301

Actions (login required)

View Item View Item