Eksperimentasi rasio semen - fly ash terhadap sifat fisik mekanik beton HVFA - SCC (High Volume Fly Ash - Self Comnpacting Concrete) yang menggunakan bahan tambahan bestmittel / Rizal Purnama Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Eksperimentasi rasio semen - fly ash terhadap sifat fisik mekanik beton HVFA - SCC (High Volume Fly Ash - Self Comnpacting Concrete) yang menggunakan bahan tambahan bestmittel / Rizal Purnama Putra

Putra, Rizal Purnama (2016) Eksperimentasi rasio semen - fly ash terhadap sifat fisik mekanik beton HVFA - SCC (High Volume Fly Ash - Self Comnpacting Concrete) yang menggunakan bahan tambahan bestmittel / Rizal Purnama Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putra Rizal Purnama. 2016.Eksperimentasi Rasio Semen Fly Ash Terhadap Sifat Fisik dan Mekanik Beton HVFA-SCC (High Volume Fly Ash Self Compacting Concrete) yang Menggunakan Bahan Tambahan Bestmittel. Skripsi Program Studi S1 Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang (UM). Pembimbing (I) Drs. Boedya Djatmika S.T. M.T. (II) Drs. Ir. Sudomo M. M.T. Kata kunci fly ash sifat fisik sifat mekanik HVFA-SCC. Pada umumnya beton yang banyak digunakan dalam proses konstruksi adalah beton normal. Selain proses pembuatannya yang relatif mudah karena tidak memerlukan bahan tambahan (admixture) beton normal juga memerlukan penggunaan pc/semen dengan jumlah yang cukup besar. Namun dalam proses pengecoran beton normal sering mengalami kendala yang dikarenakan jarak antar tulangan yang terlalu rapat atau spasi antar papan bekisting yang tipis contohnya pada dinding. Sehingga alat pemadat tidak bisa di gunakan secara normal. Selain itu meningkatnya kebutuhan material beton mengakibatkan kebutuhan semen juga meningkat sehingga semakin tinggi pula kadar CO2 yang dilepaskan di udara. Berdasarkan hal tersebut perlu di kembangkan material alternatif yang ramah lingkungan dari beton normal. Beton HVFA-SCC adalah beton yang mengandung fly ash sebagai pengganti sebagian semen dengan kadar mencapai lebih dari 50% tanpa memerlukan proses pemadatan dengan getaran atau metode lainnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Dalam penelitian ini material semen direduksi dengan bahan tambah/admixture (superplasticizer dan bestmittel)danfly ash yang bervariasi mulai dari 20% 35% 50% dan 65%. Pengujian sifat fisik HVFA-SCC dilakukan terhadap sifat segar berat volume dan porositas. Sedangkan pengujian sifat mekanik HVFA-SCC berupa kuat tekan kuat tarik-belah dan modulus elastisitas beton. Hasil penelitian menunjukkan sifat fisik HVFA-SCC bahwa semakin besar kadar fly ash berpengaruh terhadap sifat segar beton. Berdasarkan pengujian berat volume beton berat beton pada kadar fly ash 50% yaitu 2 370 kg/m3 kemudian menurun pada kadar fly ash 65% sebesar 2 350 kg/m3. Berdasarkan pengujian porositas pada kadar fly ash 65% sebesar 8 93% kemudian meningkat pada kadar fly ash 50% sebesar 8 58%. Hasil penelitian menunjukkan sifat mekanik HVFA-SCC bahwa kuat tekan pada kadar fly ash 50% pada umur 56 hari yaitu 33 33 MPa kemudian menurun pada kadar fly ash 65% sebesar 26 01 MPa. Berdasarkan pengujian kuat tarik-belah bahwa pada kadar fly ash 50% yaitu 7 02 MPa kemudian menurun pada kadar fly ash 65% sebesar 5 56 MPa. Berdasarkan pengujian modulus elastisitas didapatkan hasil pada kadar fly ash 50% yaitu 22998 65 MPa kemudian menurun pada kadar fly ash 65% sebesar 16756 92 MPa. Berdasarkan variasi kadar fly ash umur beton pengujian sifat fisik dan mekanik bahwa kadar fly ash optimum pada beton HVFA-SCC yaitu pada kadar fly ash 50%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Dec 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45291

Actions (login required)

View Item View Item